Telkom Pastikan Infrastruktur dan Layanan Prima di WSBK Mandalika

Untuk penyelenggaraan WSBK, TelkomGroup telah melakukan penggelaran jaringan yang meliputi ekspansi backbone, penggelaran fiber optic baik di lokasi event maupun ekosistem pendukungnya.

 Komisaris Independen Telkom Abdi Negara Nurdin (paling kiri) bersama Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko (kedua dari kiri) meninjau infrastruktur milik Telkom di area Mandalika International Street Circuit demi memastikan kualitas layanan tetap prima selama berlangsungnya WSBK, Jumat (19/11/2021). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Komisaris Independen Telkom Abdi Negara Nurdin (paling kiri) bersama Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko (kedua dari kiri) meninjau infrastruktur milik Telkom di area Mandalika International Street Circuit demi memastikan kualitas layanan tetap prima selama berlangsungnya WSBK, Jumat (19/11/2021). (Istimewa)

Solopos.com, LOMBOK — Ajang balap motor internasional, World Superbike (WSBK), telah berlangsung Jumat (19/11/2021) hingga Minggu (21/11/2021) di Mandalika International Street Circuit di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) memastikan penyediaan infrastruktur dan layanan telekomunikasi di arena pertandingan dan fasilitas pendukung di Mandalika.

PromosiMenanti Transformasi Balap Liar Menuju Tontonan Menarik dan Menghibur

Demi memastikan kualitas layanan tetap prima selama berlangsungnya WSBK, Komisaris Independen Telkom Abdi Negara Nurdin bersama Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko meninjau beberapa lokasi infrastruktur milik Telkom pada 18-19 November 2021.

Adapun lokasi yang dikunjungi di antaranya Sentral Telepon Otomat (STO) Mataram, Posko Mataram, STO Gerung, serta ruang infrastruktur pendukung dan posko di STO Praya. Selain itu, peninjauan juga dilakukan di pPosko National Operation Center Mandalika, yang menjadi area perlombaan WSBK.

Baca juga: Supercepat! Telkom Hadirkan Koneksi Kelas Dunia di Mandalika

Saat bertemu dengan karyawan yang bertugas di posko maupun STO Telkom, Abdi Negara Nurdin menyampaikan Telkom mampu dan harus menyukseskan penyelenggaraan event internasional ini, sebagaimana sukses Telkom dalam berbagai event skala nasional maupun internasional sebelumnya.

“Nama baik Indonesia yang dipertaruhkan termasuk Telkom sebagai ICT partner dalam helatan akbar ini. Telkom harus memastikan bahwa dukungan ICT dari Telkom akan menyukseskan event WSBK. Tetap semangat untuk seluruh karyawan yang bertugas dan berikan kontribusi terbaik kita bagi Indonesia,” pesan Abdi.

Direktur Network & IT Solution Herlan Wijanarko mengatakan kesiapan infrastruktur, layanan dan posko TelkomGroup untuk event WSBK mencapai 100%.

“Ada lima hal menjadi perhatian Telkom dalam menyukseskan event WSBK ini. Pertama, disiplin operasi dari seluruh personel yang bertugas, baik dari segi waktu jadwal dan pelaporan. Kedua, responsif terhadap segala anomali dan dinamika yang terjadi selama berlangsungnya acara agar dapat diantisipasi serta dimitigasi lebih awal,” ujar Herlan.

Baca juga: Telkom-Untan Luncurkan Smart KKN Digital–MBKM Smart Village Tanjungpura

Ketiga, lanjut dia, kolaborasi yang intensif dengan semua unit dan pihak yang mendukung layanan telekomunikasi di Mandalika. Selanjutnya, briefing rutin sebagai langkah untuk monitoring dan menyamakan langkah koordinasi. Terakhir, patroli yang dilakukan di sepanjang jalur backbone dan akses demi menjaga infrastruktur telekomunikasi.

Posko Pengawalan

Untuk penyelenggaraan WSBK, TelkomGroup telah melakukan penggelaran jaringan yang meliputi ekspansi backbone, penggelaran fiber optic baik di lokasi event maupun ekosistem pendukungnya hingga penambahan Node B Combat Telkomsel yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan ICT di kawasan sebesar 7.22 Gbps. Dukungan ini disediakan di area MASIV (Media, Accomodation, Security, International Airport, dan Venue) dengan layanan meliputi View, Internet, dan Phone (VIP).

Khusus di Mandalika International Street Circuit, layanan telekomunikasi yang disediakan di berbagai area seperti paddock, pit building, medical center,
race control, TV compund, dan tribun. Demi memastikan pengamanan infrastruktur dan layanan ICT selama pelaksanaan event di kawasan Mandalika, TelkomGroup juga telah membentuk posko pengawalan di lokasi dengan jalur eskalasi bertingkat mulai dari lokal, regional, hingga nasional.

Baca juga: Juara Dunia WSBK: Balapan di Sirkuit Mandalika Seperti di Rumah

Tak hanya penyediaan ICT, TelkomGroup juga turut serta mendukung digitalisasi bagi UMKM serta ekosistem yang berada di sekitar kawasan melalui penyediaan Point of Sales (PoS) bagi UMKM penyedia merchandise dan food & beverage serta mendukung pengelolaan homestay di sekitar kawasan Mandalika dalam bentuk penyediaan platform dan booking apps.

Adapun beberapa platform yang dimiliki TelkomGroup turut mendukung di antaranya Padi UMKM, My Sooltan, Wonderin, dan Travel Aja. Partisipasi Telkom turut menyukseskan penyelenggaraan event WSBK ini merupakan wujud dukungan untuk menumbuhkan perekonomian nasional khususnya di kawasan destinasi pariwisata super prioritas.

Diharapkan, perhelatan event besar dunia di Mandalika akan memberikan citra baik bagi Indonesia di mata internasional dan ekonomi masyarakat di Kawasan Mandalika tumbuh semakin baik.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pencanangan 2022 Sebagai Tahun Toleransi Belum Dipahami Publik

+ PLUS Pencanangan 2022 Sebagai Tahun Toleransi Belum Dipahami Publik

Pencanangan 2022 sebagai tahun toleransi menemukan momentum tepat. Segregasi sosial dan pertentangan luas di masyarakat akibat politik identitas pada 2017 dan 2019 tidak boleh terulang pada 2024.

Berita Terkini

Axiata dan XL Axiata Mengambil Alih 66,03% Saham Link Net

Rencana Pengambilalihan ini memperkuat langkah strategis Axiata ke segmen layanan fixed broadband yang selama ini masih terbuka luas.

Alfamart dan Nestlé Ajak UKM Bangkit di Festival UKM Sabang-Merauke

Festival UKM ini merupakan upaya Alfamart dan Nestlé untuk membantu dan memberdayakan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di seluruh Indonesia.

Jarang Dipakai, Mobil-Mobil Milik Warga Eks Miliarder Tuban Rusak

Setelah sempat menjadi 'crazy rich', warga Tuban kini dikabarkan bangkrut karena dana hasil ganti untung pembebasan lahan yang akan digunakan untuk proyek Grass Root Refinery (GRR) Tuban telah habis.

Ini Dia 5 Inspirasi Model atasan Batik Kekinian

Jika Anda masih bingung memilih baju atasan yang bagus, Anda bisa simak 5 inspirasi model atasan batik kekinian berikut ini

Pentingnya Pengembangan Model-Model Bisnis demi Optimalkan Investasi

Optimisme sektor industri terus terlihat pada Triwulan IV tahun 2021 dengan kembalinya PMI Manufaktur di level ekspansif dengan capaian 53,5.

Rekomendasi Tempat Wisata Air di Kuta yang Wajib Dikunjungi!

Untuk pemilihan akomodasi mulai dari hotel, hingga resort Anda bisa percayakan pada situs booking hotel terbaik yaitu Traveloka.

Sinergi BRI dengan KAI, Kelola Dana Lewat Fasilitas Notional Pooling

PT BRI Persero Tbk. memperluas dan mengembangkan layanan perbankan dengan sinergi perusahaan BUMN lain lewat fasilitas Notional Pooling.

Anjlok Nih! Cek Yuk Harga Emas Pegadaian, Jumat 28 Januari 2021

Geliat harga emas batangan 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Jumat (28/1/2022) ini terpantau turun untuk emas Antam dan UBS ukuran tertentu.

Miliader Kini Bangkrut, Warga Tuban Tak Dibekali Cara Mengelola Uang?

Sempat menjadi 'crazy rich', warga Tuban kini dikabarkan bangkrut karena dana hasil ganti untung pembebasan lahan yang akan digunakan untuk proyek Grass Root Refinery (GRR) Tuban telah habis.

Para Eks Miliarder Tuban Demo Minta Pekerjaan, Ini Tanggapan Pertamina

Setelah sempat menjadi miliarder karena mendapatkan ganti untung lahan, sejumlah warga di Tuban kini dikabarkan menuntut untuk mendapatkan pekerjaan dalam proyek itu.

+ PLUS Pemerintah Yakin Nasib Restrukturisasi Garuda akan Berakhir Baik

Pemerintah yakin proses restrukturisasi PT Garuda Indonesia Tbk. lewat payung hukum perpanjangan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) akan berakhir baik seperti Philippine Airlines.

Kasus Meningkat, Varian Omicron akan Pengaruhi Ekonomi Indonesia?

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mewaspadai peningkatan kasus Covid-19 varian Omicron yang berpotensi memengaruhi kinerja ekonomi kuartal I-2022.

Embrio, Strategi BRI Ciptakan Talenta Digital Inovatif dan Tangguh

Melalui program Embrio ini, diharapkan muncul ide-ide ‘radikal’ dari Insan BRIlian yang dapat menjadi solusi untuk pertumbuhan bisnis BRI. 

Utang RI Paling Terkendali, Ini Perbandingannya dengan Negara Lain

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan defisit fiskal dan utang Indonesia selama pandemi termasuk yang paling terkendali dan produktif.

Demi Fokus ke Lima Unit Bisnis, Unilever akan PHK 1.500 Karyawan

Unilever akan merampingkan model usahanya menjadi 5 unit bisnis. Hal ini berimbas pada pengurangan atau pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 1.500 karyawan secara global.

Naik Lagi Nih! Cek Harga Emas di Pegadaian 27 Januari 2022

Harga emas batangan 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Kamis (27/1/2022) ini terpantau naik untuk emas Antam dan UBS ukuran tertentu.