SOLOPOS.COM - General Manager Wilayah Telekomunikasi (Witel) Semarang M. Amanuddin (kanan) secara simbolis menyerahkan bantuan dana kemitraan Telkom, Rabu (30/3/2016). (JIBI/Semarangpos.com/Istimewa)

Telkom wilayah Jateng dan DIY menyalurkan dana kemitraan senilai Rp12,26 miliar.

Semarangpos.com, SEMARANG – Telkom Regional IV Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyalurkan bantuan dana program kemitraan untuk triwulan I 2016 senilai Rp12,26 miliar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

”Bantuan dana kemitraan Telkom senilai Rp12,26 miliar disalurkan kepada 387 mitra binaan pelaku usaha, mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Jateng dan DIY,”  kata General Manager (GM) Witel Semarang M. Amanuddin pada menyerahkan bantuan secara simbolis kepada para Mitra Binaan di Semarang, (29/3/2016).

Penyaluran dana kemitraan Telkom tersebut tersebar di sejumlah wilayah telekomunikasi (witel), yakni, Witel Semarang  senilai Rp1.53 miliar untuk 46 mitra binaan, Witel Pekalongan senilai Rp1.27 miliar untuk 24 mitra binaan, Witel Purwokerto senilai Rp2.42 miliar untuk 65 mitra binaan, Witel DIY senilai Rp1.79 miliar untuk 43 mitra binaan. Selain itu, ada juga yang untuk Witel Solo senilai Rp3,14 miliar  bagi 115 mitra binaan, Witel Kudus senilai Rp1,09 miliar untuk  35 mitra binaan, dan Witel Magelang senilai Rp1 miliar untuk 65 mitra binaan.

Amanuddin lebih lanjut menyatakan penyaluran bantuan dana kemitraan Telkom merupakan penjabaran dari amanat program pemerintah. ”Di mana Telkom sebagai agen pemerintah memiliki misi membantu pelaku UMKM dengan pola pinjaman bergulir dengan bunga hanya enam persen per tahun,” ujarnya.

Tujuan dikenakannya bunga 6% per tahun itu, menurut dia, agar dana tersebut bisa bergulir untuk membantu UMKM lain, sehingga terbentuk ekosistem usaha yang mendukung ekonomi kreatif. ”Penyaluran ini sebagai bukti tanggung jawab sosial Telkom kepada UMKM agar dapat tumbuh dan berkembang bersama-sama secara berkelanjutan,” ujar Amanuddin.

Pengabdian Telkom
Amanuddin menambahkan, dalam menyalurkan bantuan untuk UMKM, Telkom bukan sekadar mengejar market, tetapi sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat dan bangsa. ”Kami juga berharap para pelaku UMKM mitra binaan Telkom melek internet. Telkom akan membantu untuk membuka kelas pelatihan digital UMKM, apalagi  saat ini  sudah era pasar bebas  Masyarakat Ekonomi Asean,” bebernya.

Manager CDC Telkom Regional IV Jateng dan DIY Agus Suko Basuki menambahkan bantuan dana kemitraan disalurkan ke beberapa sektor. ”Ada sektor perdagangan, jasa, pertanian, perikanan, peternakan,  industri, dan koperasi,” ujar dia.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya