Telkom Guyurkan Rp2,6 Triliun, TelkomSigma Kian Agresif di Bisnis Cloud

Penyertaan modal yang dilakukan Telkom kepada TelkomSigma merupakan bagian dari transformasi TelkomGroup menuju digital-ready organization.

 Penandatanganan Akta Pengambilalihan antara Telkom dan TelkomSigma oleh Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Telkom Heri Supriadi (kanan), Direktur Utama TelkomMetra 
Pramasaleh Hario Utomo (kiri), dan Direktur Utama TelkomSigma Bhimo Aryanto (tengah). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Penandatanganan Akta Pengambilalihan antara Telkom dan TelkomSigma oleh Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Telkom Heri Supriadi (kanan), Direktur Utama TelkomMetra Pramasaleh Hario Utomo (kiri), dan Direktur Utama TelkomSigma Bhimo Aryanto (tengah). (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) memperkuat bisnis B2B IT Digital Services melalui pengambilalihan PT Sigma Cipta Caraka (TelkomSigma) dengan penyertaan modal sebesar Rp2,6 Triliun.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan Akta Pengambilalihan antara Telkom dan TelkomSigma yang dihadiri secara fisik oleh Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Telkom Heri Supriadi, Direktur Utama TelkomMetra Pramasaleh Hario Utomo, Direktur Utama TelkomSigma Bhimo Aryanto, dan Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Sigma Tata Sadaya T. Hercules. Turut hadir secara daring Direktur Strategic Portofolio Telkom Budi Setyawan Wijaya.

PromosiPencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

Penyertaan modal ini dalam rangka penguatan dan transformasi perusahaan sesuai rencana strategis transformasi yang merupakan bagian dari strategi grup yang menjadikan TelkomSigma sebagai direct subsidiary Telkom, di mana sebelumnya merupakan anak perusahaan Telkom Metra. Hal ini merupakan salah satu strategic initiative untuk mengakselerasi TelkomSigma menjadi B2B IT Digital Service Leader.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Gartner (2021), pasar bisnis cloud dan B2B IT Services di Indonesia diproyeksikan meningkat signifikan. masing-masing dengan CAGR 27% untuk cloud dan CAGR 7% untuk B2B IT Service pada tahun 2024.

Baca Juga: Potensi Besar, Telkom Seriusi Bisnis Data Center dan Cloud

Adanya pandemi Covid-19 juga berperan dalam peningkatan adopsi cloud dan mempercepat transformasi digital. Hal ini juga menjadi peluang bagi TelkomGroup melalui TelkomSigma dengan portofolio bisnis B2B IT Services yang dimilikinya.

Untuk itu, TelkomSigma terus bersiap demi mengantisipasi kenaikan permintaan cloud di masa mendatang dengan memperluas layanan dan menggandeng kerja sama dengan pemain global.

TelkomSigma sendiri merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan dan solusi berbasis ICT terdepan di Indonesia dengan lebih dari 450 klien dari berbagai industri, seperti perbankan, telekomunikasi, energi, transportasi, manufaktur, dan lainnya.

Secara daring, Direktur Strategic Portfolio Telkom Budi Setyawan Wijaya menyampaikan penyertaan modal yang dilakukan Telkom kepada TelkomSigma merupakan bagian dari transformasi TelkomGroup menuju digital-ready organization termasuk pindah ke entitas yang lebih ramping untuk memaksimalkan value dan bentuk komitmen Telkom untuk menjadikan TelkomSigma sebagai B2B IT Service Co yang kuat.

Baca Juga: Cloud Computing di Hilir untuk Wujudkan Lompatan Ekonomi Digital

Sementara itu Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Heri Supriadi menyampaikan setelah aksi korporasi ini TelkomSigma akan memfokuskan portofolio bisnisnya pada IT Services, cloud, dan digital services dengan mempertimbangkan potensi pertumbuhan yang signifikan hingga beberapa tahun mendatang, khususnya peningkatan permintaan cloud dan IT Services di pasar Indonesia.

“Diharapkan ke depannya TelkomSigma dapat melayani dengan kapasitas layanan cloud yang lebih besar dan performansi yang lebih excellence.”

Dengan adanya penyertaan modal ini, TelkomSigma diharapkan dapat lebih agresif mendukung kebutuhan ICT berbagai pihak untuk memberikan value terbaik bagi stakeholders.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Aksi Gladiator Rampokan Macan, Satu Penyebab Punahnya Harimau Jawa

+ PLUS Aksi Gladiator Rampokan Macan, Satu Penyebab Punahnya Harimau Jawa

Aksi pertarungan antara manusia dengan hewan sebagai tontonan publik layaknya gladiator pernah berlangsung di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur pada abad ke-17 hingga awal abad ke-20, berjuluk Rampokan Macan yang diduga menjadi salah satu penyebab menyusutnya populasi hingga punahnya harimau Jawa.

Berita Terkini

Keran Ekspor CPO Dibuka, Segini Harga Migor di Daerah

Ikatan Pedagang Pasar Tradisional Indonesia (Ikappi) melaporkan harga minyak goreng (migor) curah di berbagai daerah masih di atas Rp17.000-20.000 per liter.

Selamat! Inilah Pemenang Lomba Foto Astra & Anugerah Pewarta Astra 2021

Setelah melalui rangkaian proses penjurian, terpilih 42 pemenang Lomba Foto Astra dan 42 pemenang Anugerah Pewarta Astra 2021 baik dari kategori wartawan dan umum.

Luhut Sebut UEA Investasi di IKN US$20 miliar

Uni Emirat Arab (UEA) akan berinvestasi US$20 miliar di kawasan IKN Nusantara

Semen Gresik Laksanakan Overhaul Major, Sukses Zero Accident

PT Semen Gresik (PTSG) Pabrik Rembang melaksanakan kegiatan overhaul major (pemeriksaan total) 2022.

2021, Manulife Indonesia Cairkan Klaim Nasabah Rp8,9 Triliun

Sepanjang 2021, Manulife Indonesia meraih pendapatan bersih premi asuransi Rp12,1 triliun atau meningkat 42% dibandingkan dengan 2020.

Awas, Money Game Ilegal dan Robot Trading Masih Menjamur

Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam L. Tobing, mengatakan dengan realitas yang ditemukan oleh timnya ini, maka masyarakat diminta berhati-hati dalam memilih penawaran investasi dan menggunakan pinjaman online.

NIK Jadi NPWP, Tak Semua Harus Bayar Pajak

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan penggunaan NIK sebagai NPWP tak lantas menyebabkan orang pribadi membayar pajak.

Sukses Terapkan Transformasi, BRI Raih Predikat Best of The Best BUMN

BRI mendapatkan apresiasi dengan dinobatkan sebagai Best of The Best BUMN dalam BUMN Entrepreneurial Marketing Awads 2022 yang diadakan oleh Markplus.Inc.

APBN Pada April 2022 Surplus 0,58 Persen, Ini Penopangnya

Surplus APBN 2022 pada April 2022 ini berbanding terbalik dengan posisi APBN 2021 yang masih defisit. Selain itu, surplus April naik dari posisi bulan sebelumnya.

Sesi I, IHSG Merosot Lebih dari 1 Persen, Asing Lepas BBRI, PTBA, ADRO

IHSG melemah 1,1% atau 76,44 poin ke level 6.841,7 pada akhir sesi I pukul 11.30 WIB.

Tinggal 38 Hari, Peserta PPS 48.002 Wajib Pajak

Direktorat Jenderal (Ditjen Pajak) Kementerian Keuangan mencatat terdapat 48.002 wajib pajak yang sudah mengikuti program pengungkapan sukarela atau PPS.

Keran Ekspor CPO di Buka, Harga Minyak Goreng Masih Mahal

Harga minyak goreng curah justru masih jauh dari Harga Eceran Tertinggi atau HET Rp14.000 per liter meski ekspor CPO dan minyak goreng sudah dibuka sejak hari ini, Senin (23/5/2022).

2 Koperasi Kena Sanksi Kementerian Koperasi dan UMKM

Pemberian sanksi 2 koperasi itu berdasarkan hasil identifikasi dan klarifikasi terhadap KSP-FIM maka diputuskan pemberian sanksi “Dalam Pengawasan Khusus”.

Program Kartu Prakerja Gelombang 30 Dibuka, Begini Cara Agar Lolos

Program Kartu Prakerja gelombang 30 resmi dibuka, Sabtu (21/5/2022). Informasi tersebut dibagikan langsung melalui akun Instagram resminya@prakerja.go.id.

Sejam Dibuka, IHSG di Zona Merah, Turun ke Level 6.885,60

Baru sejam dibuka, perdagangan IHSG berada di zona merah pada Senin (23/5/2022).