Teleskop Radio Ilmuwan Tangkap Sinyal Misterius 16 Hari Sekali
Ilustrasi sinyal yang diterima FRB baru-baru ini. (istimewa)

Solopos.com, COLUMBIA - Sinyal misterius ditangkap teleskop radio ilmuwan pengamat antariksa. Sinyal yag berulang 16 hari sekali itu menjadi petunjuk siklus kehidupan di luar bumi.

Dilansir IFLScience, Minggu (16/2/2020), peristiwa ini dikenal sebagai "FRB 180916.J0158 + 65", sebuah sinyal misterius yang berasal dari galaksi spiral dengan jarak 500 juta tahun cahaya dari Bumi.

Gunduli Alis & Potong Puting, Orang Ini Ngaku Alien

Penelitian teleskop radio Canadian Hydrogen Intensity Mapping Experiment (CHIME), di British Columbia, Kanada merekam 28 semburan (Burst). Semburan berada antara 16 September 2018 hingga 30 Oktober 2019.

Sinyal menampilkan semburan atau Burst setiap jam atau lebih selama empat hari kemudian terdiam selama 12 hari. Kemudian pola aktivitas yang sama akan terulang lagi, menciptakan siklus yang dikemas dengan rapi sekitar 16,35 hari.

Seram! Sosok Diduga Alien Terekam Saat Video Call

"Kami menyimpulkan bahwa ini adalah periodisitas pertama yang terdeteksi dalam jenis apa pun dalam sumber FRB. Penemuan periodisitas 16,35 hari dalam sumber FRB secara berulang adalah petunjuk penting untuk sifat objek ini," kata ilmuwan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal arXiv.

Selain tanda alien, sinyal misterius FRB dari luar angkasa ini bisa berasal dari indikasi rotasi benda langit atau periode orbitnya. Hingga kini suara tersebut masih menjadi misteri.

Gokil! Afrika Selatan Bikin Pemburu Alien


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho