Teleskop NASA Temukan Black Hole Terbesar Sepanjang Sejarah

Teleskop NASA Temukan Black Hole Terbesar Sepanjang Sejarah

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Black Hole (Nasa)

Black hole adalah benda langit yang paling misterius di alam semesta.

Solopos.com, WASHINGTON – Teleskop Chandra X-ray milik NASA telah membantu tim astrofisika internasional membuat penemuan di galaksi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Data baru yang berasal dari teleskop tersebut mengungkapkan bahwa galaksi yang berada sekira 3,5 miliar tahun dari Bumi kemungkinan menjadi lubang hitam (black hole) supermansive paling besar yang pernah ditemukan.

Dilansir Okezone mengutip dari IBtimes, Selasa (27/2/2018), sebagai bagian dari sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Monthly Notices of the Royal Astronomical Society , para peneliti menguji 72 galaksi yang berada di pusat kelompok paling terang. Menurutnya, black hole ”ultramassive” tidak menunjukkan tanda-tanda berhenti tumbuh, namun justru semakin bertambah besar pada tingkat yang lebih cepat.

Black hole sendiri merupakan benda langit yang paling misterius di alam semesta. Ia memiliki tarikan gravitasi yang sangat kuat dan tidak dapat dilepaskan oleh materi atau cahaya apapun, karena ia menelan semua yang melewatinya.

Untuk menghitung massa Black hole yang terdeteksi di kelompok galaksi jauh, para peneliti pun menganalisis gelombang radio dan emisi sinar X-ray nya. Hasilnya cukup mengejutkan, massa Black hole supermassive sekira 10 miliar lebih besar dari Matahari.

Seorang rekan postdoctoral di Institue of Space Science in Spain, Marmezcua mengatakan telah menemukan Black hole yang jauh lebih besar dari yang diperkirakan. Namun, tidak mengetahui apakah Black hole begitu besar karena memiliki awal yang baik atau memang kondisi tertentu yang menyebabkan Black hole tumbuh lebih cepat selama miliaran tahun.

Black hole supermassive mengandung kekuatan dekstrusif yang terkadang menyebabkan kerusakan pada galaksi. Menurut peneliti, sangat penting untuk mempelajari Black hole di kelompok galaksi yang jauh karena secara signifikan telah mempengaruhi lingkungan galaksi lainnya selama miliaran tahun.

Julie Hlvacek Larrondo, seorang professor di Department of Physics Universite de Montreal dan salah satu penulis utama studi tersebut mengatakan bahwa galaksi adalah blok bangunan alam semesta ini. Untuk memahami pembentukan dan evolusinya, para peneliti harus terlebih dahulu memahami Black hole ini.

Berita Terkait

Berita Terkini

Hasil Lengkap Kualifikasi Moto GP Prancis: Quartararo Terdepan

Fabio Quartararo menjadi yang terdepan diikuti Maverick Vinales dalam hasil kualifikasi Moto GP Prancis pada Sabtu (15/5/2021).

Klaster Sangon Kulonprogo Tambah 45 Kasus Baru, Total Menjadi 107

Klaster sangon di Kabupaten Kulonprogo terus mengalami penambahan kasus positif. Ada tambahan 45 kasus baru sehingga total jadi 107 kasus.

DK PBB Segera Bahas Palestina, Indonesia Pesan ke 3 Negara

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengirimkan pesan kepada menlu tiga negara terkait Palestina menjelang rapat Dewan Keamanan PBB.

Kapolda Jateng: Balik Ke Jakarta Wajib Bawa Hasil Swab dan Surat Izin

Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol. Ahmad Luthfi meminta masyarakat yang hendak balik ke Jakarta membawa hasil uji swab dari fasilitas kesehatan lokal.

Israel Runtuhkan Kantor Al Jazeera & AP di Gaza

Gedung kantor media internasional Al Jazeera asal Qatar dan Associated Press asal Amerika Serikat di Jalur Gaza runtuh dibom Israel.

28 Pemudik ke Jateng Positif Covid-19

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus mengimbau masyarakat Jateng di perantauan untuk tidak mudik Lebaran 2021 demi mencegah Covid-19.

1,5 Juta Orang Bakal Balik ke Jabodetabek

Sebanyak 1,5 juta orang diperkirakan bakal berkendara memasuki wilayah Jabodetabek selama periode arus balik mudik Lebaran 2021.

Kapal Penangkap Ikan Indonesia Kecelakaan di Samudera Hindia

Kementerian Luar Negeri menginformasikan adanya kapal penangkap ikan bernama KM Bandar Nelayan 188 yang kecelakaan mengalami kebocoran di Samudera Hindia.

Ini Nama-Nama Korban Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali

Sebanyak sembilan orang menjadi korban perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali, Sabtu (15/5/2021) siang WIB. Sementara 11 orang lainnya dinyatakan selamat.

Mau Bikin Video Klip Tema Alam? Cek Dulu Sekipan

Mau bikin video klip tema alam? Anda bisa cek ke Sekipan, Tawangmangu.

Pemboman Israel Hancurkan Gedung Pusat Media di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel pada Sabtu (15/5/2021) menghancurkan sebuah gedung tempat sejumlah media internasional seperti Aljazeera dan Associated Press berkantor.

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.