SOLOPOS.COM - Narendra Modi akan membangun patung tertinggi di dunia (Reuters)

India akan membangun patung tertinggi di dunia.

Solopos.com, MUMBAI – Perdana Menteri India, Narendra Modi, meletakkan batu fondasi pertama pembangunan patung terbesar di dunia. Patung Chhatrapatti Shivanji  rencananya akan dibangun di 4 Km lepas pantai Mumbai.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Chhatrapatti Shivanji merupakan seorang penguasa Hindu abad pertengahan di negara barat Maharashtra yang berjuang di era dinasti Islam, Mughal. Ia berhasil mengukir kerajaannya sendiri.

Patung Chhatrapatti Shivanji setinggi 192 meter diharapkan selesai pada 2019. Pembangunan patung tersebut menelan biaya cukup fantastis mencapai US$530 juta atau setara Rp7,1 triliun. Patung Chhatrapatti Shivanji diharapkan berukuran dua kali lipat dari patung Liberty di New York, dan lima kali lebih tinggi ketimbang patung Yesus di Rio de Janeiro, Brazil.

“Begitu banyak aspek kepribadiannya [Chhatrapatti Shivanji] yang menginspirasi kita,” kata Narendra Modi, seperti dikabarkan Aljazeera, Senin (26/12/2016).

Pembangunan patung tersebut bukan tanpa hambatan. Banyak warga India memprotes keras. Biaya yang tak sedikit hingga kerusakan alam yang terjadi menjadi alasannya. Pada Sabtu (24/12/2016), setidaknya 2.700 orang telah menandatangani petisi online di Change.org menolak proyek tersebut.

“Terlepas dari membuang-buang uang, patung tersebut menjadi hal yang berdampak mengerikan bagi lingkungan, untuk situasi lalu lintas di Mumbai selatan, dan mimpi buruk bagi keamanan,” demikian tulis penggagas petisi tersebut.

Pencinta lingkungan mengklaim proyek akan melibatkan reklamasi lahan dan mengganggu ekosistem laut di sepanjang pantai.

“Kehidupan laut akan berdampat dan nelayan akan mengalami kehidupan sulit,” kata Stalin Dayanand dari lembaga non-provit Vanashakti.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya