SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Pembangunan penahan gelombang Pantai Sigandu ditargetkan selesai akhir tahun ini.

Kanalsemarang.com, BATANG- Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, menyatakan optimistis proyek pembangunan penahan gelombang pantai Sigandu selesai akhir Desember 2015.

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Batang, Achmad Taufiq di Batang, Rabu, mengatakan proyek yang dibiayai dari sumber dana alokasi khusus (DAK) bidang Kelautan 2015 senilai Rp2,825 miliar ini akan habis masa kontraknya per 19 Desember 2015.

“Oleh karena, kami optimistis, PT Cipta Eka Puri Tanggerang selaku rekanan pelaksana proyek ini akan mampu menyelesaikan seluruh volume pekerjaan,” katanya.

Menurut dia, proyek pembangunan penahan gelombang ini sempat tersendat tetapi pemkab terus memacu pada rekanan agar segera menyelesaikan proyek itu sesuai jadwal.

“Alhamdulillah, progres proyek ini mulai meningkat tajam. Ketersediaan tenaga dan peralatan juga lancar meski pasokan material sempat tersendat,” katanya.

Ia mengatakan sesuai data realisasi fisik, progres proyek dengan nilai kontrak Rp2,825 miliar itu kini pem,bangunannya hampir selesai. Dengan anggaran sebesar itu, kata dia, proyek lanjutan itu akan memasang “giant” untuk penahan gelombang air laut sepanjang 240 meter.

“Pada tahun sebelumnya pemasangan giant dari ujung barat Sigandu sampai tengah. Kemusian pada 2015 ini dilanjutkan dari tengah sampai ujung barat Dolphin,” katanya.

Ia menambahkan pemkab memilih penahan gelombang dengan teknologi geotube karena lebih murah dan ramah lingkungan, serta terbukti mampu menahan pasir dari ombak pasang sehingga pada akhirnya terbentuk daratan baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya