Kategori: Internasional

Telan Rp1.310,1 Triliun, Masjidil Haram Jadi Bangunan Termahal di Dunia


Solopos.com/JIBI/Solopos/Newswire

Masjidil Haram menjadi bangunan termahal di dunia.

Solopos.com, SOLO – Council on Tall Building and Urban Habitat (CTBUH) mencatat ada 100 lebih bangunan tinggi yang dijadwalkan rampung hingga 2021. Bangunan-bangunan mewah tersebut tentu menelan biaya konstruksi miliaran dollar.

Masjidil Haram, di Mekah, Arab Saudi menjadi bangunan masjid terbesar di dunia yang mampu menampung hingga empat juta orang. Tempat ini merupakan tempat suci umat Islam.

Dilansir Okezone.com dari Telegraph, Senin (12/9/2016), Masjidil Haram mencakup 400.800 meter persegi atau 99 hektare, menjadi bangunan paling mahal di dunia dengan nilai konstruksi mencapai US$100 miliar atau Rp1310,1 triliun. Bangunan ini telah mengalami sejumlah renovasi. Di dalamnya terdapat tempat salat indoor dan outdoor.

Seiring dengan perkembangannya bangunan-bangunan pencakar langit terus tumbuh. Jumlahnya semakin banyak seiring dengan semakin masifnya pembangunan-pembangunan properti.

Sementara itu di posisi kedua ditempati oleh Abraj Al Bait Tower, Mekah. Abraj Al Bait Tower menjadi menara jam terbesar dengan diameter 43 meter dan hotel tertinggi di dunia. Bahkan ketika rampung, properti yang terletak tepat di samping Masjidil Haram ini jadi bangunan tertinggi ketiga di dunia dengan 1.972 kaki persegi. Total biaya konstruksinya mencapai USD15 miliar atau setara dengan Rp196,5 triliun.

 

 

Share
Dipublikasikan oleh
Septina Arifiani