SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Selama ini, banyak orang beranggapan menelan permen karet berbahaya bagi tubuh. Bahkan, ada pula yang berpikir permen karet yang tertelan tetap menempel di lambung dalam jangka waktu lama. Apakah Anda pernah memikirkan hal tersebut?

Tenang saja, semua anggapan menyeramkan itu hanya mitos belaka. Sejumlah dokter menjelaskan hanya ada sedikit kasus penyumbatan saluran pencernaan akibat permen karet yang tertelan. Selebihnya, permen karet yang tertelan bakal membuat perut mulas.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Dihimpun dari Daily Mail, Jumat (4/1/2019), permen karet terbuat dari gum base, pemanis, pengawet, dan perasa. Kandungan gum base alias karet dasar inilah yang membuatnya sulit dicerna tubuh dibandingkan makanan lainnya. Hal paling berbahaya jika permen karet tertelan adalah penyumbatan organ pencernaan.

Namun, sebenarnya permen karet yang tertelan tidak akan menyumbat saluran cerna seperti yang dikhawatirkan banyak orang. Permen karet bakal dicerna usus dan keluar bersama feses. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika permen karet tidak sengaja tertelan. Lantas, apa yang harus dilakukan jika tidak sengaja menelan permen karet?

Jangan panik, Anda hanya perlu minum air putih agar permen karet yang tertelan segera dicerna tubuh. Air dapat meluruhkan permen karet yang mungkin menempel di organ tubuh. Anda juga bisa mempercepat proses pencernaan dengan mengonsumsi makanan berat, sayur, maupun buah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya