Telah Berpulang...

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat 16 Juli 2021. Esai ini karya Maria Y. Benyamin, wartawan Bisnis Indonesia atau Grup Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI).

Telah Berpulang...

SOLOPOS.COM - Maria Y. Benyamin (Istimewa/Dokumen pribadi)

Solopos.com, SOLO — Hari-hari ini kita sering sekali mendengar berita duka. Silih berganti. Baik yang diterima secara langsung maupun lewat status media sosial teman, kerabat, kolega.

Begitu seringnya sehingga beberapa orang yang saya kenal mengaku takut mengangkat telepon yang masuk di telepon selulernya. Bahkan, ada yang akhirnya memutuskan untuk tidak ”menengok” akun media sosialnya. Untuk sementara waktu.

Termasuk saya. Selalu waswas ketika telepon seluler saya berdering. Waswas tiba-tiba begitu banyak sekali notifikasi Whatsapp yang muncul di layar telepon seluler saya. Bukan apa-apa. Sudah beberapa kali hal serupa terjadi dan selalu isinya sungguh tak mengenakkan.

Mulai dari berita keluarga, teman, atau rekan kerja yang terkena Covid-19; atau berita duka. Meninggal karena Covid-19. Ketika tulisan ini saya selesaikan, beberapa grup Whatsapp masih ramai. Isinya berita berpulangnya sahabat, teman, atau salah seorang anggota keluarga mereka.

Lamat-lamat, suara sirene ambulans juga terdengar dari kejauhan. Sirene meraung tentu makin akrab di telinga kita akhir-akhir ini. Membelah jalanan. Lalu, tiba-tiba muncul angka kasus harian Covid-19. Kemarin, Kamis (15/7/2021), ada tambahan 56.757 kasus positif. Lagi-lagi rekor baru. Tertinggi sejak awal pandemi Covid-19 di negeri kita.

Ini sudah hari ke-13 masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Hampir dua pekan setelah PPKM Darurat berjalan. Kita masih punya lima  hari ke depan. Sebelum PPKM Darurat berakhir. Terhadap semua kondisi yang terjadi belakangan ini, deretan pertanyaan mengemuka. Apa yang salah? Apa yang masih kurang? Kenapa begini? Kenapa begitu?

***

Kondisi yang kita hadapi sekarang ini memang tidak mudah. Bayang-bayang ”seperti India” makin jelas di depan mata. Bukan bermaksud menakuti atau pesimistis. Ini sekadar mengingatkan. Situasi yang pernah terjadi di India bisa saja terjadi pada kita jika rantai persebaran virus ini tak segera diputus.

Ironis memang. Kita pernah meratapi kondisi di India. Banyak yang sudah bersuara mengingatkan kondisi India yang bisa saja terjadi pada kita. Namun, kita yang seharusnya bisa belajar dari kondisi krisis gelombang kedua Covid-19 di India, nyatanya masih harus menghadapi hal serupa.

Benar bahwa situasi yang dihadapi saat ini jauh berbeda karena diperparah oleh virus varian baru yang luar biasa ganasnya. Yang kemampuan menularnya jauh lebih hebat dibandingkan dengan varian sebelumnya. Akan tetapi, hal ini tak berarti kita hanya bisa berpasrah diri dan menyerah pada varian baru tersebut.

Harus diakui ragam komunikasi dan informasi telah disampaikan pemerintah. Berbagai kebijakan telah diterapkan. Seperti tak habis langkah. Belakangan ini kita juga kerap menerima video-video penegakan protokol kesehatan dan aturan pembatasan yang boleh dibilang mengarah ke tindakan paling tegas.

Namun, masih saja tidak mudah meyakinkan masyarakat untuk menerapkan langkah paling mudah untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 yang bisa dimulai dari diri sendiri, yakni menjaga protokal kesehatan, termasuk menggunakan masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Saya tak menampik bahwa ada juga beberapa tindakan tegas yang salah arah, yang justru membuat masyarakat makin apatis. Lalu, makin abai terhadap protokol kesehatan. Alih-alih terkendali, situasi justru kian bertambah parah. Dari hari ke hari.

Jejaring penularan Covid-19 seperti tak pernah berakhir. Lihat saja angka penularan Covid-19 di luar Jawa dan Bali yang kini merangkak naik dan mulai masuk ke lingkup yang paling kecil, yaitu keluarga. Anehnya, makin ke sini, sadar atau tidak sadar, kepedulian masyarakat justru kian kurang. Makin abai.

Rasanya sulit sekali mengomunikasikan bahaya Covid-19 kepada masyarakat sehingga secara sadar mengambil langkah-langkah yang paling tepat untuk dirinya agar tidak terkena Covid-19. Berbagai macam kampanye yang dilakukan rasanya seperti menemui jalan buntu karena tidak berdampak apa-apa. Kalaupun berdampak, bisa jadi cakupannya kecil sekali.

Terkadang, sejumlah penyesalan muncul. Jika sudah begini, banyak sekali pengandaian. Jika saja kondisi ini diatasi lebih cepat pada awal-awal kemunculan Covid-19, tentu kita tak sampai seperti pada situasi sekarang ini. Atau, jika saja dulu kita berani mengambil langkah berani, tentu kita pun tak akan menuju ke jurang yang sama seperti India.

Namun, rasanya pengandaian tersebut menjadi tidak relevan lagi. Toh, kita sudah sampai pada titik ini. Titik ketika makin banyak pasien positif Covid-19 dari hari ke hari. Yang per Kamis kemarin telah menembus rekor tertinggi selama masa pandemi.

Kita juga sudah sampai pada kondisi tingkat keterisian rumah sakit selalu tinggi. Bahkan, penuh. Banyak pasien tak tertampung. Hingga harus ada korban yang berjatuhan karena terlambat ditangai di rumah sakit. Kita sudah berada pada posisi susah mencari obat di pasaran. Kalaupun ada, harganya melambung tinggi.

Oksigen medis juga susah dicari. Begitu ada, harganya bikin kita mengelus dada. Kita juga sudah berada pada posisi memperebutkan susu kaleng yang diklaim mampu ”menyelamatkan” diri dari Covid-19. Stok tiba-tiba kosong dan menghilang dari rak-rak minimarket atau supermarket.

Lalu, muncul penjual dadakan di berbagai marketplace dengan harga yang tidak masuk akal lagi. Dan kita pun sudah berada pada posisi ketika kita harus mengakui bahwa negara kita sedang tidak baik-baik saja. Lalu, bagaimana dengan perekonomian kita?

Sampai pada kuartal I/2021, perekonomian nasional masih bergerak di jalur yang tepat. Setidaknya, kontraksi yang terjadi pada tiga bulan pertama tahun ini menjadi lebih kecil dibandingkan dengan tiga kuartal sebelumnya.

Sepanjang Januari-Maret 2021, perekonomian nasional hanya mengalami kontraksi 0,74% bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, terjadi kontraksi sebesar 0,96%. Kendati masih minus, ekonomi nasional mulai bergerak ke arah positif.

Memasuki kuartal II/2021, masih ada optimisme akan pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan bergerak pada teritori positif. Setidaknya hal itu terekam dalam data-data proyeksi pertumbuhan ekonomi pemerintah dan ekonom, dan kalau melihat sejumlah indikator selama periode kuartal II/2021, optimisme tersebut cukup beralasan.

Selanjutnya, yang paling menantang adalah kondisi perekonomian nasional pada kuartal III dan IV tahun ini, setelah memperhitungkan efek kebijakan PPKM Darurat yang sudah berjalan. Ancaman untuk kembali ke pertumbuhan negatif bisa saja terjadi, tergantung bagaimana kita meredam masalah kesehatan yang belum juga menemui ujungnya.

Belakangan muncul debat panjang soal perpanjangan PPKM Darurat karena melihat angka kasus positif yang tak kunjung turun. Terkait ini, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan telah mengungkapkan dengan jelas.

”Ada tim yang mengamati, seberapa jauh kita boleh pergi… Kalau kita membengkokkan sesuatu, tentu harus ada batasnya. Kalau bengkok terus, ya patah,” kata dia. Pertanyaan selanjutnya yang muncul, bagaimana jika kondisi memang belum terkendali?

***

Situasi hari ini tentu menjadi tanggung jawab bersama. Mari bergotong-royong dalam hal yang baik. Demi keselamatan kita semua. Kalau memang mobilitas masyarakat masih tinggi di tengah mengganasnya virus ini, bisa jadi satu-satunya alasan adalah karena solidaritas yang tidak pernah terjadi di lapisan masyarakat manapun di negeri ini.

Semua tengah berjalan dengan egonya sendiri, menyelamatkan diri sendiri. Covid-19 pada akhirnya bukan lagi sekedar virus berukuran 400 mikrometer hingga 500 mikrometer. Akan tetapi, ini adalah sebuah penyakit perilaku.

Penyakit yang bersumber dari ketidakpedulian, dengan akar yang paling mendasar, yaitu peduli pada sesama. Kita mungkin telah menyaksikan begitu banyak papan nisan yang tertancap di tanah segar akibat Covid-19. Namun, tentu saja, jangan sampai ada papan nisan begitu besar yang sedang tertancap di depan kita sendiri. Telah berpulang, rasa kepedulian dan kemanusiaan kita semua …

Berita Terkait

Berita Terkini

Ahli IPB: Harimau Tak Bisa Tularkan Corona ke Manusia

Kejadian penyakit pada hewan di berbagai belahan dunia sangat identik, yakni hewan tersebut tertular dari pemiliknya.

Pelayanan Kantor Kecamatan Jebres Solo Buka Lagi setelah Tutup karena 10 Pegawai Positif Corona

Pelayanan kantor Kecamatan Jebres, Solo, sudah kembali dibuka setelah sempat tutup beberapa hari karena sejumah pegawai terpapar Covid-19.

Kasus Covid-19 Tambah 22.404, Jateng Penyumbang Terbanyak

Dari kasus Covid-19 di Indonesia sebanyak 22.404 hari ini, Jateng berkontribusi 3.218.

Lima Makanan dan Minuman Ini Mampu Atasi Dehidrasi

Jangan abaikan rasa haus apalagi di musim kemarau, karena itu salah satu sinyal bahwa tubuh Anda sedang mengalami dehidrasi.

12 Daerah di Jawa-Bali Naik ke PPKM Level 4, Ini Daftarnya

Sebanyak 12 daerah naik ke PPKM Level 4, sembilan daerah turun ke PPKM Level 3, dan satu daerah turun ke PPKM Level 2.

Ada Buruh Kena PHK Belum Dapat Pesangon, FKSPN Karanganyar Mengadu ke DPRD 

FKSPN Karanganyar mengadu ke DPRD tentang masalah buruh berupa pesangon setelah kena PHK dan tali asih buruh meninggal yang belum dibayarkan.

Kelabui Petugas, Seorang Napi Lapas Madiun Kabur

Seorang narapidana atau napi Lapas Klas I Madiun bernama Peprianto kabur dari penjara dengan cara pura-pura ke kamar kecil untuk kencing.

Profil Eng Hian, Pelatih Asal Solo di Balik Rekor dan Medali Emas Greysia/Apriyani di Olimpiade Tokyo 2020

Maret 2014, Eng Hian ditunjuk PBSI sebagai pelatih ganda putri Indonesia untuk Pelatnas Cipayung.

Mengaku Membela Diri, Satpam GBK Pukul Mahasiswa karena Ditantang

Sesuai kebijakan yang diperbolehkan masuk ke Kawasan GBK pada periode PPKM Darurat, hanya yang memiliki undangan vaksinasi,

Capaian Vaksinasi Covid-19 di Kulonprogo sudah 83.325 orang

Upaya vaksinasi Covid-19 kepada sejumlah kelompok masyarakat terus dilakukan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo.

Kurangi Beban Kerja Nakes, Pemkab Sragen Bentuk Tim Khusus Tracing dan Testing

Pemkab Sragen membentuk tim khusus tracing dan testing untuk mengurangi beban kerja para nakes khususnya yang bekerja di puskesmas.

Emas Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020: Tradisi Cium Tangan hingga Joget TikTok Greysia/Apriyani  

Tak hanya kebiasaan cium tangan, keduanya juga saling berjabat tangan dan melempar teriakan untuk memotivasi satu sama lain.

Deg-degan Hilang, Jokowi Tunggu Greysia-Apri di Istana

Presiden Jokowi mengaku sempat deg-degan saat Greysia/Apriyani memulai game pertama. 

Vaksinasi Anak Belum Dimulai, Ini Penjelasan Kadinkes Grobogan

Kadinkes mengatakan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Grobogan jatah vaksinnya tidak banyak, sehingga target vaksinasi tidak bisa optimal.

Dukung Jokowi, Epidemiolog Sebut Perpanjangan PPKM Langkah Tepat

Pandu Riono menyarankan PPKM Level 4 tetap ketat hingga akhir Agustus 2021 nanti.

Lowongan CPNS Apoteker Difabel Karanganyar Tidak Ada Pelamar

Satu lowongan CPNS Karanganyar yakni apoteker untuk kalangan difabel tidak ada pelamar dan akan diisi dari pelamar umum.

Tangisan Sopir Angkot, Setiap Hari Mengutang Bensin ke Istri

Sopir angkot menangis tersedu-sedu di depan angkotnya akibat perpanjangan PPKM.

Bonus Emas Olimpiade Apriyani Rahayu dari Bupati Konawe, Mulai Tanah, Rumah, hingga Sapi

Bupati Konawe, Kery Saiful, berjanji memberikan sejumlah bonus kepada Apriyani yang merupakan atlet kelahiran Konawe, Sulawesi Tenggara.

Keterisian Bed RS Rujukan Covid-19 Solo Turun Lagi Jadi 72 Persen, Stok Oksigen Aman 

Tingkat keterisian bed atau tempat tidur RS rujukan Covid-19 Kota Solo menurun jadi 72 persen dan stok oksigen diklaim aman untuk saat ini

Siap-Siap! Pemerintah akan Selalu Ngegas dan Ngerem Terkait PPKM

Pemerintah harus mengatur gas dan rem secara dinamis sesuai perkembangan penyebaran Covid-19 di hari-hari terakhir.

Anthony Ginting Akhiri Penantian 17 Tahun Medali Tunggal Putra Bulu Tangkis Indonesia

Sebelum Olimpiade 2020, Indonesia kali terakhir mengirim wakil bulu tangkis tunggal putra ke semifinal Olimpiade 2004 di Athena, yaitu Taufik Hidayat dan Sony Dwi Kuncoro.

Luhut Sebut Corona Sudah Menurun sejak 15 Juli 2021

Luhut meminta semua pihak berhati-hati, terutama dengan virus corona varian Delta.

Asyik Bermain Judi Dadu di Teras Rumah, 4 Warga Ditangkap Polisi

Polsek Mlarak, Ponorogo, mengamankan empat orang yang merupakan bandar dan penombok judi dadu kopyok saat bermain judi di teras rumah.

Kasus Kematian Masih Tinggi, 40 Sukarelawan di Tawangsari Sukoharjo Dilatih Pemulasaran Jenazah Pasien Covid-19

Puluhan sukarelawan asal Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo, mengikuti pelatihan pemulasaran jenazah pasien Covid-19 di Mapolsek setempat

Kisah Akidi Tio, Dari Donasi Berujung ke Pemeriksaan Polisi

Cerita sumbangan Rp2 triliun ini bikin geger karena diduga hanya bohongan belaka.

Adik Ipar Sebut Pemilik Batik Danar Hadi Santosa Doellah Meninggal Positif Covid-19

Empu batik dan pemilik merek Batik Danar Hadi, Santosa Doellah, meninggal dunia di RS Indriati, Solo Baru, Sukoharjo, Senin (2/8/2021).

Posisi Kelima Angkat Besi +87 Kg Olimpiade Tokyo 2020, Nurul Akmal Gagal Bawa Pulang Medali

Nurul Akmal melakukan total angkatan 256 kg dan menempati posisi kelima.

Presiden Jokowi Klaim Kasus Covid-19 Terus Menurun

Presiden Jokowi mengingatkan agar tidak menurunkan kewaspadaan terhadap peningkatan risiko penularan.

Profil Santosa Doellah, Sang Empu Seni Batik Pemilik Danar Hadi

Pengusaha batik Solo pemilik merek Batik Danar Hadi, Santosa Doellah, meninggal dunia pada Senin (2/8/2021). Dia wafat pada usia 79 tahun karena sakit.

Waduh, Masih Ada 20 Klaster Persebaran Covid-19 Aktif Di Boyolali

Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali mencatat masih ada 20 klaster persebaran Covid-19 yang masih aktif hingga Senin (2/8/2021).

Presiden Perpanjang PPKM Level 4 hingga 9 Agustus 2021

Jokowi menyebutkan pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari masyarakat menjadi prioritas pemerintah.

Minta Pelonggaran PPKM, PKL Kudus dan Satpol PP Adu Mulut

Audensi Perwakilan PKL dan aktivis dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus terkait PPKM, diwarnai adu mulut dengan anggota Satpol PP.

Bonus Sedikitnya Rp5,5 Miliar Telah Menunggu Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Kemenpora telah menyiapkan bonus Rp5 miliar bagi para peraih medali emas di ajang Olimpiade Tokyo 2020.

Pengelola Mal di Solo: Nunggu SE PPKM Pemkot Seperti Nonton Sinetron Ikatan Cinta

Pengelola mal di Solo harap-harap cemas menunggu Surat Edaran Pemerintah Kota (Pemkot) Solo terkait PPKM level 4.

Ongkos Pasang Baliho Partai di Solo Bisa untuk Beli Ratusan Oxygen Concentrator

Baliho salah satu politikus perempuan mulai bermunculan di Kota Solo dan sekitarnya sekitar Juni lalu.

Mal dan Pusat Perbelanjaan Solo Segera Dibuka? Ini Kata Wali Kota Gibran

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memberikan jawabannya mengenai kapan mal dan pusat perbelanjaan Kota Bengawan bakal dibuka kembali.

Spesifikasi Infinix INBook X1 Pro, Laptop Kekinian dengan Tampilan Kece

Inilah laptop perdana milik Infinix, yakni INBook X1 Pro dengan tampilan kece dengan spesifikasi yang menarik untuk disimak.

Kabar Duka, Pemilik Batik Danar Hadi Santosa Doellah Meninggal Dunia

Pengusaha batik Solo pemilik merek Batik Danar Hadi Santosa Doellah meninggal dunia saat menjalani perawatan di RS pada Senin (2/8/2021).

FOTO : BI Solo Sumbang 200 Tabung Oksigen

Bantuan 200 tabung oksigen dari KPw BI Solo kepada Pemkot Solo.

Anak Usaha SG, PT SMOR Dukung Akselerasi Wirausaha BUMDes

PT Semen Gresik (SG) melalui perusahaan patungan, PT Sinergi Mitra Operasi Rembang (SMOR) menggelar program peningkatan SDM dan BUMDes.

Bupati Madiun Klaim Penyaluran Bansos Covid-19 Tanpa Pungli

Penyaluran bansos Covid-19 berupa paket sembako dan uang tunai di Kabupaten Madiun sejauh ini sesuai prosedur tidak ada pungli maupun korupsi.

Suami Kena Strok, Istri Menderita Kanker, Polsek Banjarsari Solo Turun Tangan Beri Bantuan

Polsek Banjarsari mendatangi kediaman seorang pasangan suami istri, Sukijo Ismail dan Apri Sridaryatun di Kelurahan Banjarsari, Kota Solo, Senin (2/8/2021) siang.

Bantu Penanganan Pandemi Covid-19, BI Solo Sumbang 200 Tabung Oksigen

Sebanyak 200 tabung oksigen diberikan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

PPNI Solo: Dyah Ayu Jadi Perawat Ke-11 yang Meninggal Positif Corona

Perawat RSUD Bung Karno Solo Dyah Ayu Kusumasari menjadi perawat ke-11 yang meninggal terpapar virus corona selama pandemi di Kota Bengawan

Selamat! Anthony Ginting Raih Medali Perunggu Olimpiade Tokyo 2020

Melawan pebulu tangkis kejutan asal Guatemala, Kevin Cordon, Anthony Ginting menang mudah dengan skor 21-11 dan 21-13.

Banjir Hadiah, Jangan Lewatkan Anugerah SBBI 2021 yang Digelar Besok!

Jangan lewatkan acara Anugerah SBBI 2021 yang diikuti Talkshow Virtual Makin Tumbuh Makin Tangguh yang digelar besok, Selasa, 3 Agustus 2021.

Kasus Aktif Covid-19 di Klaten Mulai Menurun, Tapi...

Angka kasus Covid-19 di Klaten dinilai mengalami penurunan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat hingga level 4.

Wow, Ternyata Spongebob dan Patrick Ada di Dunia Nyata Hlo

Seorang peneliti kelautan menemukan spons dan bintang laut yang bersebelahan seperti karakter Spongebob Squarepants dan sahabatnya Patrick Star.

Kasus Corona Jateng Dilaporkan Tertinggi Se-Indonesia, Ini Bantahan Gubernur Ganjar

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, membantah kasus Corona di Jateng menjadi yang tertinggi secara nasional.

Tak Perlu Diragukan, Riset SBBI Solopos Terjamin

Solopos Media Group memilih memberikan penghargaan kepada pemegang merek yang berbasis pada riset sejak 2001.

650 Kiai Meninggal karena Covid-19, Baznas Genjot Vaksinasi

Baznas bekerja sama dengan Kementerian Agama menggencarkan vaksinasi Covid-19 bagi para ulama atau kiai dan santri melalui Kita Jaga Kiai.

FOTO : Ronda Masker di Pasar Legi Solo

Ronda masker ingatkan pedagang dan pembeli selalu pakai masker dan mentaati protokol kesehatan

Anak Tertua Mendiang Akidi Tio Bernama Ahok

Alasan keluarga Akidi Tio menyerahkan bantuan melalui Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Eko Indra Heri karena sudah kenal dekat.

Cerita Kades Jetis Klaten Berburu Embun Pagi, Khasiatnya Dipercaya Percepat Penyembuhan Covid-19

Kades Jetis, Klaten Selatan, Klaten, Mulyatno, menemukan embun pagi ternyata bisa membantu memperlancar penyembuhan orang positif Covid-19.

Gibran Potong Tunjangan PNS Solo untuk Penanganan Corona

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, memangkas tunjangan PNS di kalangan pemkot untuk penanganan Covid-19.

Asyik, KPM di Jogja Setelah Vaksinasi Dapat Bansos Beras

Pemkot Jogja sengaja menyalurkan bansos beras untuk keluarga penerima manfaat (KPM) dilaksanakan berbarengan dengan vaksinasi.

Hmmm…. Penyekatan Jalan di Boyolali Dilanjutkan atau Enggak Ya? Ini Kata Kapolres

Keputusan tentang kelanjutan penyekatan jalan di Boyolali seiring dengan PPKM Darurat masih menunggu instruksi pemerintah pusat.

Mantap! Pemuda Wonogiri Ramai-Ramai Belajar Budidaya Porang

Belasan pemuda di Wonogiri mulai belajar budidaya porang di bawah bimbingan Petani Penggiat Porang Nusantara (P3N) Cabang Wonogiri.

Salut! Mahasiswa UIN Walisongo Hibur Pasien Covid-19 Semarang

Puluhan pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi di Rumah Dinas Wali Kota Semarang dikejutkan dengan kedatangan mahasiswa UIN Walisongo.

Perawat RSUD Wonogiri Meninggal Dunia Terpapar Corona, Karyawan Pakai Pita Hitam Selama Sepekan

Perawat RSUD dr Soediran Mangun Sumarso Wonogiri, Agus Trisilo, 47, meninggal dunia karena terpapar virus Corona, Senin (2/8/2021).

Duh! Ada 46 Nakes RSUD Wonogiri yang Terpapar Covid-19

Sebanyak 46 tenaga kesehatan (nakes) di RSUD dr Soediran Mangun Sumarso Wonogiri dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

PPKM Level 4 di Sragen Kemungkinan Diperpanjang 1 Pekan, Tapi…

Bupati Sragen memprediksi PPKM level 4 di wilayahnya bakal diperpanjang sepekan.

Turis Inggris Emosi Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Mahal

Harga tiket yang diberikan bagi warga lokal di Candi Borobudur seharga Rp50.000 namun untuk wisatawan asing, harganya bisa mencapai Rp350.000.

1 Perawat RSUD Wonogiri Gugur Kena Covid-19, Penghormatan Terakhirnya Bikin Terharu

Penghormatan terakhir untuk perawat RSUD Wonogiri yang meninggal karena Covid-19 pada Senin (2/8/2021) berlangsung penuh haru.

Innalillahi, Nakes RSUD Wonogiri Meninggal Dunia karena Terpapar Covid-19

Salah satu nakes RSUD dr Soediran Mangun Sumarso Wonogiri, Agus Trisilo, 47, meninggal dunia setelah berjuang melawan Covid-19, Senin (2/8/2021).

Ganjar Instruksikan Bupati Pemalang Perbaiki Jalan Rusak

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginstruksikan kepada Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo untuk segera memperbaiki jalan antarkabupaten di Pemalang.

Kampus UNS Solo Janji Beri Keringanan & Kelonggaran Waktu Bayar UKT, Mahasiswa Jangan Khawatir

Pihak kampus UNS Solo berjanji memberikan keringanan dan kelonggaran waktu pembayaran UKT bagi mahasiswa.

Heboh Sumbangan Rp2 Triliun Akidi Tio yang Ternyata Bohong, Ini Fakta-Fakta Menariknya

Sumbangan keluarga mendiang Akidi Tio Rp2 triliun ke Kapolda Sumsel menarik perhatian publik. Banyak fakta yang mencuat sebelum diketahui bahwa sumbangan itu bohong belaka.

Siswa Jadi Yatim Piatu karena Ortu Meninggal Terpapar Covid-19, SMPN 1 Jogonalan Klaten Siapkan Bantuan

Seorang siswa SMPN 1 Jogonalan Klaten, AF, menjadi yatim piatu lantaran ayah dan ibunya meninggal dunia karena terpapar Covid-19.

19 Nyawa Melayang Sia-Sia, Tokoh Ini Minta Operasi Jebakan Tikus di Sragen Digalakkan

Terhitung sejak Juli 2019 hingga Juli 2021, terdapat 19 korban jiwa akibat jebakan tikus yang dipasang petani di area persawahan di Sragen.

Demi Keberlangsungan Bisnis, Pengusaha Berharap PPKM di Jakarta Turun ke Level 3

Pengusaha di Ibu Kota, berharap (PPKM) di DKI Jakarta bisa turun ke Level 3 guna mendukung kelangsungan usaha.

Asyik Judi Dadu Lewat Handphone, 5 Warga Banjarsari Solo Diciduk Polisi

Tim Sparta Polresta Solo menangkap lima orang warga Setabelan, Banjarsari, Solo, yang melakukan judi jenis dadu, Minggu (1/8/2021) malam.

Agustus Perayaan HUT RI, Kapolresta Solo Peringatkan Jangan Berkerumun!

Kapolresta Solo bakal menerjunkan patroli khusus ke perkampungan untuk mengantisipasi kerumunan malam tirakatan maupun potensi kerumunan lainnya.

Soal Pungli Pemakaman Jenazah Covid-19 di Solo, Sukarelawan Sukoharjo Pastikan Gratis

Sukarelawan TRC 19 Sukoharjo memastikan pemakaman jenazah korban Covid-19 tidak dipungut biaya alias gratis.

Profil Greysia Polii, Pebulu Tangkis Sahabat Agnez Mo yang Raih Emas di Olimpiade Tokyo 2020

Ini dia serangkaian profil dari atlet bulu tangkis Greysia Polii yang berhasil meraih emas di Olimpiade Tokyo 2020 bersama Apriyani Rahayu.

Raih Emas Olimpiade Tokyo 2020, Greysia/Apriyani Jaga Tradisi Emas Indonesia

Pada Olimpiade Rio 2016, Indonesia meraih medali emas juga dari cabor bulu tangkis melalui pasangan ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Tragis! Ayah dan Ibu Meninggal Dunia karena Corona, Bocah Klaten Mendadak Jadi Yatim Piatu

Salah seorang siswa kelas VIII di SMPN 1 Jogonalan Klaten mendadak menjadi anak yatim piatu setelah ayah dan ibunya meninggal dunia karena terpapar virus Corona.

"Teater" Memperkuat Korupsi

Pengurangan hukuman eks jaksa Pinangki Sirna Malasari dan Djoko Soegiarto Tjandra di tingkat banding kontraproduktif terhadap gerakan pemberantasan korupsi.

Sumbangan Rp2 Triliun Bohongan: Tidak Hanya Anak Bungsu, Dokter Keluarga Akidi Tio Juga Dijemput Polisi

Dokter keluarga Akidi Tio, Hardi Darmawan, ikut dijemput aparat Polda Sumsel soal sumbangan Rp2 triliun dari keluarga Akidi Tio yang belakang terbukti bohongan.

Kisah Misteri Eyang Watu, "Penunggu" Pasar Kota Sragen yang Keramat!

Kisah misteri kali ini tentang sosok Eyang Watu yang dianggap sebagai penunggu Pasar Kota Sragen, Jawa Tengah.

Beri Selamat Greysia/Apriyani, Jokowi: Emas Olimpiade Tokyo 2020 Kado Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia

Presiden Joko Widodo mengatakan medali emas Olimpiade Tokyo 2020 yang diraih ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu merupakan kado istimewa menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus.

Dana Bansos Tak Tepat Sasaran, Kades di Klaten Mumet Wadul ke Gubernur Ganjar

Seorang kepala desa di Klaten curhat kepada Gubernur Jateng soal penyaluran dana bansos yang dinilai tidak tepat sasaran.

Profil Apriyani Rahayu, Pasangan Greysia Polii yang Berhasil Raih Emas di Olimpiade Tokyo 2020

Ini dia berbagai profil menarik nan lengkap dari partner Greysia Polii, Apriyani Rahayu yang berhasil meraih emas di Olimpiade Tokyo 2020.

Penjualan Sapi Online di Wonogiri Justru Meningkat Saat PPKM, 2 Hari 50 Ekor Ludes!

Di tengah penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4, penjualan sapi secara online di Wonogiri justru meningkat.

FOTO : Bulutangkis Ganda Putri Greysia/Apriyani Raih Emas Olimpiade

ebulutangkis ganda putri Indonesia Greysia Polii / Apriyani Rahayu ( Greysia / Apriyani ) meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020.

Prajurit TNI Datangi Rumah Warga Isoman di Klaten untuk Bagikan Paket Obat

Pendistribusian obat untuk warga yang menjalani isoman langsung dilakukan prajurit TNI Kodim Klaten dengan mendatangi warga bersangkutan.

Baliho Puan Maharani Mejeng di Jalanan Se-Indonesia, PDIP Sebut Ekspresi Kegembiraan

PDIP menegaskan baliho Puan Maharani yang mejeng di berbagai wilayah di Indonesia tidak bermuatan politis, melainkan ekspresi kebahagiaan.

Sumbangan Akidi Tio Senilai Rp2 Triliun Bohongan, Heriyanti Dijemput Aparat Polda Sumsel

Polda Sumsel menjemput putri bungsu Akidi Tio, Heriyanto, terkait sumbangan Rp2 triliun yang belakangan diketahuin bohong.

Alhamdulillah! Bantuan Beras Mulai Disalurkan di Karanganyar

Dinsos Karanganyar mulai membagikan bantuan tambahan beras sebanyak 10 kg untuk setiap KPM PKH dan bantuan sosial tunai (BST) di Karanganyar.

Menkes Budi Gunadi Heran Pasien Covid-19 di RS Kini Lebih Cepat Meninggal

Keterlambatan penanganan diakui Menkes Budi Gunadi Sadikin sebagai salah satu penyebab tingginya angkat kematian pasien Covid-19 di RS.

Josss… Pemilik Bengkel di Ceper Klaten Ini Sediakan Oksigen & Ambulans Gratis untuk Warga

Seorang pemilik bengkel di Kecamatan Ceper, Klaten, membagikan oksigen dan menyediakan ambulans gratis bagi warga yang membutuhkan.

FOTO : KAI Hadirkan Livery Khusus, Sambut HUT Kemerdekaan RI

Lokomotif dan gerbong kereta api tampak dipasang liasan atau hiasan tulisan PT KAI dengan latar warna merah untuk menyambut HUT Ke-76 Kemerdekaan RI.

Mempersempit Peredaran Rokok Ilegal, Pemkab Klaten Gencarkan Operasi dan Edukasi

Upaya pemberantasan peredaran rokok ilegal di Kabupaten Bersinar selama ini terus digencarkan, dari operasi hingga edukasi dilakukan ke berbagai wilayah pelosok.

Raih Emas, Indonesia Naik Posisi 34 Klasemen Medali Olimpiade Tokyo 2020

Indonesia naik ke posisi 34 dalam klasemen medali Olimpiade Tokyo 2020 dengan 1 emas, 1 perak, 1 perunggu.

Luar Biasa! Greysia Polii/Apriyani Rahayu Persembahkan Medali Emas Olimpiade Tokyo 2020

Greysia/Apriyani membukukan sejarah bagi Indonesia seusai menumbangkan pasangan China Chen Qingchen/Jia Yi Fan 21-19 21-15 pada laga final ganda putri cabor bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020

Hidup Menyendiri, Pria Kulonprogo Ini Ditemukan Sudah Meninggal Dunia di Rumah

Pria paruh baya yang tinggal sendirian di Kulonprogo ditemukan meninggal dengan mulut berdarah.

Fadli Zon Komentari Baliho Puan Maharani: Gunakan Bahasa Indonesia yang Baik & Benar

Fadli Zon mengoreksi tulisan pada baliho Puan Maharani yang dinilai tidak menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Dandim Karanganyar Bujuk OTG Jalani Isolasi di Tempat Isolasi Terpusat

Satgas Covid-19 Karanganyar tidak ingin muncul kasus pasien isolasi mandiri yang berakhir meninggal karena kurangnya pemantauan.

Sleman Catat Rekor Kematian Pasien Covid-19 Tertinggi Pada Juli, Tembus 1.390 Orang

Bulan Juli 2021 menjadi puncak tingginya kasus kematian pasien Covid-19 di Sleman.

Wacana “End Game Jokowi” Harusnya “End”

Artikel ini dimuat di Harian Umum Solopos Edisi Senin 2 Agustus 2021. Penulis adalah analis senior di Indonesia Strategic and Economic Action Institution.