SOLOPOS.COM - Foto Lake of Sarangan tempo doeloe. (istimewa/ FB Historia Van madioen)

Telaga Sarangan di Kecamatan Plaosan, Magetan, Jatim menjadi salah satu jujugan wisata yang cukup terkenal. Tahukah kondisi Telaga Sarangan tempo dulu?

Madiunpos.com, MAGETAN – Barangkali tak banyak yang tahu kondisi Telaga Sarangan di Kabupaten Magetan tempo dulu, kecuali orang-orang tua dari warga sekitar. Telaga yang dikenal dengan legenda Kiai Pasir dan Nyai Pasir itu memiliki kisah masa lalu yang sama sekali berbeda dengan kondisi sekarang, di mana telah menjamur penginapan, hotel, lapak PKL, dan aneka bangunan lainnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebuah foto kuno bercerita tentang Telaga Sarangan yang cukup melegenda itu diunggah ke Facebook, Senin (21/6/2015). Foto itu diposting melalui sebuah grup Facebook pecinta sejarah Madiun, Historia Van Madioen. Dalam postingannya, dijelaskan bahwa foto itu merupakan foto di atas kartu pos bergambar. Di sana, bertulisan Lake of Sarangan.

Sayang dalam foto itu, tak disebutkan keterangan tahun pengambilan foto. Namun, foto kuno berwarna hitam putih itu bercerita banyak hal tentang masa lalu Telaga Sarangan. Pengamatan Madiun Pos, nampak sekali hamparan bukit yang masih ditanami aneka sayur sebelum menjamur hotel-hotel dan permukiman padat seperti seperti saat ini.

Foto itu juga berkisah tentang mobil-mobil kuno wisatawan berjajar di tepi telaga, padang ilalang, serta belum ada pertokoan, kios-kios PKL seperti saat ini. Tepian telaga juga belum ada pagar besi yang mengelilinginya. Sejumlah wisatawan yang tak terlalu banyak nampak duduk santai di bibir telaga. Semua terekam dengan apik, natural, dan asri melalui selembar foto kuno itu.

Kini, kondisi Telaga Sarangan memang jauh berbeda. Bukan saja padat dengan bangunan-bangunan permanen, seperti hotel, penginapan, permukiman, pertokoan, namun juga padat pengunjungnya. Bahkan, salah satu penyumbang terbesar pendapatan asli daerah (PAD) Magetan berasal dari Telaga Sarangan yang mencapai di atas Rp5 miliar pada tahun lalu.

KLIK dan LIKE di sini untuk update informasi Madiun Raya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya