SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Teknologi terbaru robot pembalap tengah dikembangkan Yamaha.

Solopos.com, TOKYO – Yamaha tak akan bingung jika suatu saat pembalap andalannya, Valentino Rossi pensiun. Sebab raksasa otomotif Jepang itu berhasil menciptakan teknologi terbaru untuk menciptakan Rossi yang lain.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Yamaha menyebut teknologi terbaru ciptaannya itu dengan nama Motobot. Persis seperti pembalap sungguhan, robot calon pengganti Rossi itu juga mampu bermanuver dan melesat hingga 200 km/jam di atas motor balap.

Dalam video yang ditayangkan Yamaha di pameran otomotif Tokyo Motor Show (TMS) 2015 di Jepang, tampak Motobot telah menjalani serangkaian pengujian menggunakan motor 1.000 cc Yamaha R1M.

Motobot mampu menarik tuas gas, menarik tuas kopling serta melakukan perpindahan persneling dengan kaki. Sayangnya karena masih dalam tahap pengembangan, robot tersebut masih dilengkapi dua roda penyeimbang.

Selain itu Yamaha Motobot versi 1.0 itu juga belum mampu berjalan mandiri. Seluruh pergeraan robot yang didesain mirip manusia lengkap dengan helm itu masih harus dikendalikan dengan remote control.

Kendati demikian, seperti dilansir laman Visordown, Kamis (29/10/2015), Yamaha tidak ingin teknologi terbaru ciptaannya hanya digunakan untuk balapan. Rival Honda itu ingin robotnya digunakan untuk menguji tingkat keselataman motor.

“Kami ingin menerapkan teknologi terbaru dan pengetahuan yang kami peroleh untuk meningkatkan aspek keselamatan dan dukungan kepada pengendara motor,” ungkap pihak Yamaha.

Aksi robot Yamaha Motobot dapat Anda saksikan dalam video berdurasi dua menit di alamat berikut ini: https://www.youtube.com/watch?v=4asCK8yamb0&feature=youtu.be

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya