SOLOPOS.COM - Demonstrasi cara parkir otomati mobil VW (Istimewa)

Tekonologi terbaru Mobil yang bisa parkir sendiri dikembangkan Volkswagen.

Solopos.com, BERLIN — Volkswagen mengumumkan proyek ambisius mobil tanpa awak. Kabarnya, produsen mobil asal Jerman ini bakal mengembangkan mobil mobil yang bisa menuju tempat charging dan mengisi baterai sendiri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir Carscoops, Jumat (17/7/2015), VW tengah mengembangkan proyek penelitian V-Charge. Untuk menggarap proyek ini, pabrikan asal Jerman itu bekerja sama dengan beberapa perusahaan seperti Swiss Federal Institute of Technology (ETH) hingga Bosch.

Ekspedisi Mudik 2024

Proyek ini mencakup kemampuan mobil listrik untuk menggerakkan sendiri di satasiun pengisian baterai. Setelah terisi penuh, mobil listrik keluar dari stasiun pengisian dan memarkir sendiri ke tempat parkir biasa.

Teknologi ini tidak memerlukan posisi GPS sebagai peta 3D dari tempat parkir dan dikirim ke kendaraan. Sebaliknya, sistem ini menggunakan penanda lokasi alami dari kamera yang terpasang sehingga membiarkan mobil mencari tahu posisi yang tepat secara otomatis.

Sistem ini menggunakan 4 kamera wide angle, dua stereo dan 12 sensor ultra sound. Hal itu memberikan kemampuan untuk memetakan lingkungannya, mengetahui kendala atau bahkan memindai adanya pejalan kaki.

Fokus dari proyek ini adalah membuat mobil bisa mencari tempat parkir dan memarkir secara otomatis. Untuk mobil listrik nantinya bisa melakukan proses charging sendiri.

V-Charge memungkinkan mobil menemukan tempat kosong untuk memarkir dengan sopir keluar mobil dan memberikan perintah melalui aplikasi smartphone. Bagian yang paling menjanjikan dari proyek ini adalah bahwa sistem ini memungkinkan fungsi mobil otonom yang terbuat dari sensor dan kamera yang tersedia saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya