SOLOPOS.COM - Microsoft Bikin Holoportation (Engadget)

Teknologi terbaru Holoportation sedang dikembangkan Microsoft.

Solopos.com, SOLO — Holographic menjadi tema yang sangat menarik perhatian Microsoft saat ini. Raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu saat ini mengembangkan teknologi terbaru Holoportation terinspirasi film Star Wars.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Sebagaimana diberitakan The Verge, Senin (28/3/2016), sekelompok peneliti di I3D Microsoft menciptakan teknologi terbaru live hologram seseorang menjadi lawan bicara saat kita sedang berkomunikasi via telepon.

Ide ini memungkinkan proyeksi hologram seseorang hadir dalam sebuah ruangan secara real time. Pengguna akan menggunakan headset Hololens untuk bisa melihat dan berinteraksi dengan proyeksi hologram tersebut.

Untuk melakukannya diperlukan lingkungan yang terintegrasi dan sederet kamera 3D yang ditempatkan di berbagai sudut ruangan untuk mewujudkannya.

Dalam video demonstrasi cara kerja sistem komunikasi yang diunggah di Youtube, pengguna tak hanya bisa berkomunikasi dengan hologram, tetapi juga bisa merekam interaksi tersebut. Menariknya lagi, hologram bisa diperbesar seukuran aslinya atau diperkecil untuk ditempatkan di atas meja.

Belum diketahui apakah Microsoft akan mewujudkan idenya dalam produk jadi. Tampaknya, Microsof harus mencari cara agar sistem komunikasi semacam ini bisa dinikmati konsumen.

Microsoft bukan satu-satunya yang tertarik menggarap komunikasi hologram. Sebelumnya, Samsung juga diketahui berniat membuat smartphone hologram. Informasi ini bersumber dari paten display holographic untuk smartphone yang baru didaftarkannya.

Tayangan hologram seperti di film fiksi ilmiah diprediksi bakal menjadi pemandangan biasa di masa depan. Tak heran, sejumlah perusahaan teknologi mulai mengembangkannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya