SOLOPOS.COM - Project Loon Google (Youtube)

Teknologi terbaru Balon Internet Router dikembangkan insinyur asal Indonesia.

Solopos.com, JAKARTAProyek balon Internet ternyata tak hanya dibuat oleh perusahaan asal Amerika Serikat, Google. Orang Indonesia ternyata juga bisa mengembangkan teknologi terbaru balon Internet.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Seperti dilansir Detik, Jumat (201/11/2015), bocoran mengenai teknologi terbaru balon Internet Indonesia diutarakan langsung oleh Menkominfo Rudiantara. Sayang, pria yang akrab disapa Chief RA itu enggan mengatakan lebih rinci siapa pembesut balon lokal ini.

“Ada lah pokoknya salah satu insinyur universitas di Indonesia. Secara konsep sama seperti project loon, cuma kalau ini bentuknya router,” ujar Rudiantara ketika ditemui di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta.

Sebagaimana diketahui, project loon Google hampir sama seperti Base Tranceiver Station (BTS) yang melayang di udara. Tujuannya adalah untuk memancarkan sinyal seluler ke daerah-daerah yang memiliki coverage area terpencil.

Nah, teknologi terbaru balon Interent lokal ini nantinya akan memancarkan sinyal Wifi dari router. Masalah vendor yang akan memanfaatkan router itu, masih dirahasiakan Menkominfo.

“Tunggu saja kuartal pertama tahun depan. Saya sih inginnya cepat menjalankan proyek ini. Tapi mereka sedang dalam tahap persiapan, mereka menyampaikan agar bisa dilaksanakan uji coba kuartal pertama tahun 2016,” pungkasnya.

Seperti dikutip dari Liputan6.com, Jumat, balon Google yang bernama Project Loon diketahui akan diuji coba untuk memberikan akses Internet di Tanah Air demi menjangkau wilayah terpencil awal 2016 mendatang. Balon tersebut nantinya akan beroperasi lewat jaringan operator di pita frekuensi 900 MHz.

Terkait uji coba Project Loon, Google diketahui telah menjalin MoU dengan tiga operator, antara lain Indosat Ooredoo, Telkomsel dan XL. Balon itu diperkirakan dapat menghubungkan 100 juta penduduk Indonesia di wilayah-wilayah terpencil yang memiliki koneksi Internet yang sangat lemah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya