SOLOPOS.COM - Hyper Cam (Techtimes)

Teknologi terbaru kamera smartphone berbasis X Ray Vision mulai dikembangkan Microsoft dan Universitas Washington.

Solopos.com, WASHINGTON — Teknologi terbaru untuk mengetahui tingkat kematangan sayuran dan buah mulai dikembangkan. Peneliti Universitas Washington, Amerika Serikat, bekerja sama dengan Microsoft mengembangkan kamera smartphone berbasis x ray vision.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagaimana dikutip dari Techtimes, Selasa (20/10/2015), teknologi terbaru kamera smartphone itu bernama Hyper Cam. Alat itu dilengkapi fitur hyperspectral imaging yang digunakan untuk mengetahui matang atau tidaknya buah dan sayuran di kulkas atau di swalayan.

Teknologi terbaru Hyper Cam dikembangkan oleh peneliti Universitas Washington, Amerika Serikat, dengan dukungan perusahaan teknologi Microsoft. Hyper Cam itu akan dijual US$800 atau sekitar Rp10,8 juta.

Peneliti Universitas Washington, Shwetak Patel, mengatakan teknologi terbaru Hyper Cam di ponsel pintar memang belum selesai dikembangkan. Namun, bisa jadi kamera itu akan dibenamkan di smartphone.

“Kamera Hyper Cam nantinya bisa digunakan untuk meneliti kematangan sayuran dan buah menggunakan teknologi tak terlihat seperti x-ray,” ujar Patel.

Kamera Hyper Cam buatan Microsoft dan Washington itu saat ini sedang dikembangkan agar bisa disematkan ke dalam smartphone. Namun, tak diketahui jadwal perilisannya.

Teknologi terbaru kamera Hyper Cam di ponsel akan dijual cukup murah, yakni US$50 atau Rp681.275. Hyper Cam di ponsel bisa digunakan untuk pencitraan satelit, membangun inspeksi keselamatan dan meneliti keaslian dari karya seni yang dipamerkan.

Teknologi terbaru kamera Hyper Cam tidak akan mengeluarkan warna merah, hijau dan biru. Namun, akan mengeluarkan 17 gelombang seperti inframerah saat ingin meneliti buah dan sayuran di dalam lemari es atau yang dijual di swalayan.

Untuk jadwal perilisan teknologi terbaru kamera Hyper Cam masih harus menungu kabar lebih lanjut dari Microsoft dan peneliti Universitas Washington. Berikut ini link video penampakan Hyper Cam di Youtube, https://www.youtube.com/watch?v=0b283zc7fQ4.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya