SOLOPOS.COM - Ilustrasi smartphone 5G (Calvinayreap.com)

Solopos.com, SOLO – Korea Selatan terus mengembangkan teknologi modern. Kali ini mereka mengembangkan teknologi Internet super cepat, 5G. Tak main-main layanan Internet ini bahkan diklaim mampu men-download film berdurasi panjang hanya dalam waktu kurang dari satu detik.

Dilansir Daily Mail, Sabtu (25/1/2014), kementerian ilmu pengetahuan Korea Selatan mengungkapkan tujuan dari pengembangan teknologi 5G adalah untuk meningkatkan teknologi sebelumnya, yakni 4G. Kecepatan yang ditawarkan pada teknologi 5G bahkan mencapai 1.000 kali lipat lebih cepat daripada teknologi 4G.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pemerintah Korea Selatan setidaknya telah menginvestasikan 1,6 triliun won atau setara dengan Rp18 triliun untuk mengembangkan layanan 5G secara nirkabel. Teknologi 5G akan memungkinkan pengguna men-download file dengan kecepatan download sebuah file film dengan ukuran 800MB hanya dalam waktu 1 detik.

Ekspedisi Mudik 2024

Teknologi ini jelas lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan teknologi 4G yang memakan waktu 40 detik. Dengan kecepatan menakjubkan tersebut 5G akan membantu perusahaan-perusahaan di Korea Selatan untuk memenangi transaksi internasional.

“Kami membantu pertumbuhan nasional yang sebelumnya menggunakan layanan 2Gdi tahun 1990-an, 3G di tahun 2000-an, dan 4G di tahun 2010. Sekarang saatnya untuk mengambil tindakan untuk mengembangkan 5G,” ungkap salah satu juru bicara kementerian.

Sesuai rencana, percobaan layanan 5G akan diluncurkan pada tahun 2017 dan akan menjadi sebuah layanan komersial pada bulan Desember 2020. Pemerintah Korea Selatan berharap rencana tersebut akan mendapat dukungan dan kerja sama dari operator besar Internet Korea Selatan seperti SK Telecom dan Korea Telecom serta para produsen smartphone terkemuka, Samsung dan LG.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya