SOLOPOS.COM - JP5mini (Cnn.com)

Teknologi terbaru menciptakan smartphone khusus untuk narapidana.

Solopos.com, SOLO  – Penghuni jeruji besi tak akan lagi terasingkan dari dunia luar penjara. Perusahaan kontraktor penjara, Jpay, menghadirkan teknologi untuk mengakses informasi bagi narapidana.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Dilansir CNN.com, Kamis (23/7/2015), JPay akan merilis smartphone untuk narapidana. Smartphone yang dinamakan Jp5mini akan memberikan akses berkirim e-mail, e-card, dan videogram.

Tablet Jp5mini memperbolehkan narapidana untuk berkomunikasi dengan sanak saudara dan teman mereka. Tablet ini juga dilengkapi aplikasi hiburan dan edukasi yang bisa dimanfaatkan para penghuni  jeruji besi.

Sekitar 60.000 model lama Jp5mini, yaitu JP4 2010, telah digunakan 11 negara. Jpay mengatakan bahwa model Jp5mini diadopsi dari pembenahan fasilitas di Idaho dan New Jersey.

Untuk berkomunikasi dengan narapidana, orang-orang bisa mengakses website Jpay. Setelah itu mereka akan mendapatkan aplikasi gratis untuk pengguna Iphone dan Android. Setiap mengirim e-mail atau video-message, narapida dan masyarakat harus membeli stempel seharga 40 sen atau sekitar 5.300 rupiah.

Kepala Eksekutif Jpay, Ryan Saphiro mengatakan,” Ini bukan seperti Gmail atau Yahoo. Anggota keluarga harus mengakses website Jpay terlebih dahulu untuk mendapatkan aplikasi Iphone atau Android.”

Jp5mini dibanderol US$69,99 atau sekitar Rp950.000. Tablet ini tidak memberikan akses Internet pada penggunanya, narapidana tidak bisa mengakses media sosial seperti Facebook atau Twitter.

Tidak seperti aplikasi Android, tablet JP5mini juga tidak bisa dipasangi OS (Operating System) lain. Hal ini dilakukan untuk membatasi narapidana dari penggunaan aplikasi lain yang dinilai tidak perlu. (Diah Puspita Ningrum/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya