SOLOPOS.COM - ilustrasi pengiriman sampel menggunakan drone (techtiems.com)

Teknologi terbaru berupa drone digunakan para ilmuwan untuk mengirim sampel penelitian.

Solopos.com, BALTIMORE – Teknologi pesawat tanpa awak (drone) dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Kali ini, para ilmuwan di Amerika Serikat mengadakan percobaan penggunaan drone untuk mendukung penelitian.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip Techtimes.com, Rabu (26/8/2015), para ilmuwan dari Johns Hopkins University mencoba menggunakan teknologi drone untuk menunjang penelitian. Mereka memanfaatkan drone sebagai sarana mengirim sampel penelitian ke daerah-daerah yang sulit dijangkau.

Ekspedisi Mudik 2024

Untuk menguji kemampuan drone, para ilmuwan meletakkan beberapa sampel darah di atas drone. Para peneliti mengirim sampel darah itu ke lokasi yang sulit dijangkau, yang kemudian diangkut kembali ke markas para ilmuwan di universitas. Hasilnya, drone mampu menyelesaikan tugas dan kembali ke markas dengan sampel darah yang masih utuh.

“Pada awalnya, kami tidak memiliki bayangan menggunakan drone. Namun, kami akhirnya menyadari drone bisa sangat berguna dan lebih efisien. Pengiriman dengan drone lebih murah dibandingkan dengan motor dan kami tidak perlu risau melakukan pengiriman ke daerah yang sulit dijangkau,” tutur ahli patologi dari Johns Hopkins University, Tim Amukele. (Guruh Putra Tama/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya