SOLOPOS.COM - Pasukan Merpati memantau polusi (The Guardian)

Teknologi terbaru peneliti asal Inggris menggunakan bantuan beberapa burung merpati untuk memantau kualitas polusi udara di Kota London.

Solopos.com, LONDON — Jika zaman dahulu burung merpati biasa digunakan untuk mengirim surat, maka hal itu sudah tak lagi dilakukan di era modern. Di London, Inggris, merpati punya tugas baru, yakni memantau polusi udara.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sekitar enam ekor merpati yang diberi nama pasukan Pigeon Air Patrol dilepaskan oleh penjaga sangkar, Brian Woodhouse, pada Senin (14/3/2016) lalu.

Pasukan merpati tersebut telah dibekali dengan mini Global Positioning System (GPS)seberat 25 gram, yang ditempatkan di atas tubuh mereka layaknya tas punggung. Selain GPS, tas mini tersebut juga dilengkapi dengan alat sensor polusi dan cuaca untuk membantu melaporkan kondisi terkini tentang kualitas udara di beberapa wilayah di London.

Tas tersebut merupakan hasil teknologi buatan Digital LBI yang memiliki alat pendeteksi senyawa nitrogen dioksida. Senyawa tersebut biasanya diproduksi oleh kendaraan bermotor seperti bus, mobil, dan truk.

“Polusi adalah salah satu sumber masalah paling besar yang mengancam kehidupan manusia dan hewan di Kota London. Melalui cara ini kami ingin bisa membuat yang tak terlihat menjadi terlihat [polusi],” kata pemilik ide unik tersebut, Pierre Duquesnoy, seperti dilansir The Guardian, Kamis (17/3/2016).

Hasil pantauan dari pasukan merpati akan diolah dan disebarkan melalui akun Twitter @PigeonAir. Selama proyek ini berlangsung, pasukan merpati akan dilepaskan tiga kali dalam sepekan dan diberi perawatan khusus oleh tim dokter hewan. (Afroh Ellyfa/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya