SOLOPOS.COM - Radeon Pro Duo (Amd)

Teknologi terbaru kartu grafis AMD Radeon Pro Dup diklaim tercepat.

Solopos.com, SOLO — Di tengah hingar-bingar bisnis smartphone, segmen PC ternyata masih dianggap seksi. Hal ini dibuktikan oleh AMD yang baru saja merilis teknologi terbaru kartu grafis terkencang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagaimana dilansir Gizmodo, Selasa (15/3/2016), AMD menamainya dengan sebutan teknologi terbaru Radeon Pro Duo. Sesuai namanya, kartu grafis ini dibekali dua GPU sebagai sumber performa.

AMD membenamkan sepasang GPU Fiji yang mengandalkan pabrikasi 28nm. Fiji adalah GPU yang sama yang tertanam di kartu grafis Radeon R9 Fury X dan R9 Nano. Dua kartu grafis itu adalah jajaran flagship AMD di segmen kartu grafis.

Dengan hadirnya teknologi terbaru Radeon Pro Duo, maka flagship AMD bertambah. Tapi tentu saja AMD memposisikannya di atas dua kartu grafis kelas atas tadi. Sebab dengan dua GPU, Radeon Pro Duo menjadi kartu grafis terkencang AMD saat ini.

Kalau menilik lebih dalam spesifikasinya, tiap-tiap GPU Fiji yang terbenam di Radeon Pro Duo mengusung sebanyak 4.096 stream processor, 256 TMU, dan 64 ROP. Sedangkan kapasitas memori yang dimilikinya masing-masing adalah 4 GB dengan teknologi High Bandwidth Memory (HBM).

Jadi secara total Radeon Pro Duo memiliki memori berteknologi HBM yang kapasitasnya mencapai 8 GB. Dengan kombinasi tersebut, Radeon Pro Duo sanggup memuntahkan single-precision floating-point hingga 16 TFLOP per detik.

Selain itu dalam pengujian internal AMD sendiri, Radeon Pro Duo juga diklaim jauh lebih baik performanya dibanding GeForce GTX Titan Z yang merupakan pesaing terdekatnya. Hasil pengujian 3DMark FireStrike menunjukkan performa teknologi terbaru Radeon Pro Duo 48% lebih kencang dibanding GTX Titan Z.

Performa tinggi artinya juga urusan pendinginan juga tak boleh main-main. AMD kembali mempercayakannya pada sistem pendingin cairan bikinan Cooler Master yang sebelumnya juga dipakai oleh Radeon Fury X.

Penasaran harganya? Siap-siap merogoh kocek dalam-dalam, karena teknologi terbaru kartu grafis Radeon Pro Duo dibanderol seharga US$1.500 atau setara Rp19 jutaan.

AMD juga menyebut kartu grafis ini layak masuk kategori Workstation Class. Karena bisa menjadi alternatif bagi pengguna workstation yang sebenarnya ingin pakai kartu grafis FirePro namun dananya terbatas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya