SOLOPOS.COM - Foto induk robot buatan ilmuwan eropa (discovery.com)

Teknologi robot menciptakan induk robot yang mampu membuat robot lain.

Solopos.com, CAMBRIDGE – Para ilmuwan Eropa kembali membuat gebrakan dalam dunia teknologi robot. Mereka berhasil menciptakan sebuah robot canggih, yang dijuluki induk robot.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dilansir Discovery.com, Kamis (12/8/2015), para ilmuwan dari University of Cambridge dan ETH University menciptakan sebuah induk robot yang berbentuk seperti lengan manusia dan memiliki telapak tangan untuk menggenggam.

Induk robot tersebut dapat membuat robot lain tanpa bantuan manusia sama sekali. Induk robot juga dirancang mampu mendeteksi dan mengoreksi kekurangan dari robot ciptaannya dan menyempurnakannya di produksi robot selanjutnya.

Dilansir Independent.co.uk, para ilmuwan membuat lima kali percobaan dengan induk robot buatan mereka. Hasilnya, induk robot berhasil mendeteksi dan menyempurnakan kekurangan robot ciptaannya di setiap percobaan baru.

Para ilmuwan mengatakan tujuan menciptakan induk robot untuk membuat teknologi Artificial Intelligence (AI) yang mampu belajar, berkembang, dan beradaptasi dengan situasi baru. Para ilmuwan menargetkan teknologi robot canggih tersebut diterapkan di industri manufaktur dan pertanian.

“Anda bisa membayangkan induk robot secara otomatis akan mendeteksi dan memperbaiki kekurangan yang ada di mobil-mobil. Selain itu, induk robot juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan hasil panen dalam dunia pertanian,” ujar seorang peneliti, Andre Rosendo, seperti dikutip BBC. (Guruh Putra Tama/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya