SOLOPOS.COM - Meebo (www.japantrends.com)

Jepang mengeluarkan robot terbaru yang ditujukan untuk anak-anak.

Solopos.com, TOKYO — Ilmuwan Jepang kembali menciptakan robot untuk anak bernama Meebo dan OHaNAS. Meebo ditujukan untuk mengawasi anak berusia 5-6 tahun dan OHaNAS digunakan untuk menemani anak untuk belajar di kamar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1. Robot Meebo
Unifa C., Ltd memperkenalkan robot untuk anak TK pertama di dunia. Robot tersebut bernama Meebo. Meebo merupakan sebuah robot dengan tinggi 11 inci yang bertugas menemani anak berusia 5-6 tahun. Perusahaan pembuat Meebo menawarkan Meebo melaui peminjaman bulanan seharga 9800yen sebulan.

Meebo, dilansir animenewsnetwork.com, memiliki kemampuan untuk memfoto, menampilkan suhu anak (untuk memberitahu guru jika anak sedang demam), memberitahukan jika ada gempa, dan memperingatkan tentang adanya alergi.

Ekspedisi Mudik 2024

Perusahaan Unifa berharap 10.000 Meebo telah siap disebarkan di kelas-kelas pada tahun 2018 mendatang.

Robot Meebo dibuat berdasarkan Robot Sota ciptaan Vstone. Co., Ltd, walaupun sejumlah perusahaan menawarkan untuk bekerja sama, seperti Robot Pepper dari Soft Bank dan Jibo ciptaan MIT.

2. Robot OHaNAS

OHaNAS (economictimes.indiatimes.com)

OHaNAS (economictimes.indiatimes.com)

Takara-Tomy memperkenalkan produk barunya, sebuah robot berbentuk kambing bernama OHaNAS. Robot ini dapat dioperasikan menggunakan smartphone, koneksi Wi-Fi, dan Bluetooth.

OHaNAS dapat berinteraksi dengan seseorang, seperti memberi salam dan memberitahukan keadaan cuaca setiap harinya.

OHaNAS, dikutip dari japantrends.com, memiliki sejumlah keunikan, antara lain :
1. OHaNAS yang berarti “bicara” memiliki bentuk menyerupai domba.
2. Robot ini tidak ditujukan untuk bergerak seperti robot Jepang lain.
3. Pembuatan robot ini bekerja sama dengan Perusahaan Docomo. Sehingga, memiliki sambungan ke Internet. OHaNAS akan mencari ke internet saat pemilik bertanya sesuatu, seperti siapakah presiden saat ini?
4. Memiliki lampu di bagian wajah yang dapat berubah untuk menampilkan perasaannya, seperti saat robot tersebut mengantuk.

Belum ada kejelasan fitur mana saja yang dapat digunakan jika OHaNAS berada di luar Jepang dan jauh dari jangkauan server Docomo. Namun perubahan lampu di wajah OHaNAS tetap bisa digunakan di seluruh penjuru dunia.

Selain itu, OHaNAS hanya mengerti dan berbicara bahasa Jepang. Tetapi, menurut Takara-Tomy robot OHaNAS yang mengerti bahasa Inggris sedang dalam proses pembuatan. (Bimo Putra W/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya