SOLOPOS.COM - Pemimpin Redaksi Solopos, Suwarmin, (dua dari kanan) menyerahkan cenderamata kepada Head of Network Special Project Smartfren, Munir Syahda Prabowo disaksikan Pemimpin Perusahaan PT Aksara Solopos, Bambang Natur Rahardi (kanan) dan Head of Smartphone Device Smartfren, Sukaca Purwokardjono (kiri) di Griya Solopos, Solo, Kamis (27/8/2015). (JIBI/Solopos.com/Anik Sulistyawati)

Teknologi jaringan seluler yang ditawarkan Smartfren adalah 4G LTE Advanced.

Solopos.com, SOLO- Menangkap kebutuhan pasar yang membutuhkan layanan Internet cepat, Smartfren meluncurkan teknologi jaringan 4G LTE Advanced. Pihak Smartfren pun menggelar uji coba jaringan 4G LTE Advanced di tiga kota, Semarang, Yogyakarta dan Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

”Tidak hanya di Kota Solo, jaringan kami sebenarnya juga sudah siap di wilayah sekitar Solo, seperti Sukoharjo, Sragen, Boyolali, Karanganyar, dan juga Wonogiri,” ujar Chief Brand Officer Smartfren Telecom, Roberto Saputra, saat berkunjung bersama rombongan ke Griya Solopos, Kamis (27/8/2015).

Dijelaskan Roberto, dengan jaringan 4G LTE Advanced ini pihaknya ingin masyarakat mendapatkan edukasi dan pengalaman menggunakan Internet cepat dengan banyak benefit. Smartfren juga mematok target menjadi operator jaringan 4G terluas di Indonesia.

Mengenai keunggulan jaringan 4G dibandingkan jaringan 3G, Head of Network Special Project Smartfren, Munir Syahda Prabowo menjelaskan Smartfren menggunakan dua tipe jaringan, yakni TDD (Time Division Duplex) dan FDD (Frequency Division Duplex). Dengan memanfaatkan teknologi LTE radio, TDD bekerja pada pita 2300 MHz, sedangkan FDD dengan pita 850 MHz.

Dijelaskan Munir, Smartfren memasang tipe TDD untuk memberikan layanan bagi mereka di perkotaan yang biasanya lalu lintas datanya lebih tingga karena TDD dapat membagi waktu untuk bagian yang membutuhkan lebih banyak bandwidth sehingga beban antara download dan upload dapat diseimbangkan. Sementara FDD diterapkan di pinggir kota hingga pedesaan. Hal ini karena cakupan FDD menjangkau lebih luas, sehingga sinyal dapat diterima hingga pelosok desa.

Selain itu, Smartfren 4G LTE Advanced ini mendukung fitur carrier aggregation (CA) yang memberikan laju lebih tinggi. Smartfren juga mengusung teknologi VoLTE (Voice over LTE). “Teknologi ini bisa memilih atau memprioritaskan voice, jadi kualitas ?voice-nya sangat jernih,” kata Munir.

Sementara itu, menurut Head of Smartphone Device Smartfren, Sukaca Purwokardjono untuk mendapatkan layanan jaringan 4G LTE Advanced secara optimal diperlukan perangkat yang mendukung. Untuk itulah, Smartfren juga meluncurkan perangkat yang didesain khusus untuk mendukung jaringan 4G LTE Advanced.

”Kami memiliki tiga macam smartphone berbasis 4G, yakni Andromax E, Andromax Q, dan Andromax R dengan harga terjangkau,” jelas Sukaca.

Untuk Andromax E, lanjut Sukaca, ditawarkan dengan harga Rp990.000, Andromax Q sekitar Rp1.299.000, dan Andromax R senilai Rp1.599.000. Selain itu, Smartfren juga menawarkan perangkat mini router wifi (mifi) yaitu M2y dan M2p yang ditawarkan dengan harga Rp399.000.

Selain harga yang bersahabat, produk-produk smartphone tersebut, menurut Sukaca mampu mendukung layanan 4G secara optimal.

”Kalau untuk melihat video streaming atau musik dari Internet tidak ada buffering. Jadi video atau musik tidak perlu disimpan di memori perangkat. Juga untuk melakukan video call akan sangat nyaman,” jelas Sukaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya