SOLOPOS.COM - Aplikasi GPS (Liputan6.com)

Teknologi GPS di smartphone memiliki beberapa cara kerja unik. Apa saja?

Solopos.com, SOLO — Teknologi Global Positioning System (GPS) bisa jadi termasuk salah satu fitur favorit pengguna smartphone. GPS saat ini menjadi salah satu aplikasi wajib yang ada di smartphone.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berkat teknologi GPS, kita bisa check in di lokasi di jejaring sosial seperti Path. Dengan bantuan GPS juga, kita bisa tahu arah lokasi yang hendak kita tuju di aplikasi peta.

Namun, tahukah Anda apa sebetulnya GPS? Pernahkah Anda membayangkan bagaimana cara kerjanya? Untuk mengetahuinya, simak penjelasannya, yang dihimpun dari Physics dan Space Place NASA, Senin (14/3/2016).

Bagian GPS

Secara umum, teknologi GPS terdiri dari tiga bagian, yakni satelit, stasiun bumi dan penerima. Satelit berperan seperti bintang-bintang di rasi bintang yang kita tahu di mana bintang-bintang itu berada pada waktu tertentu. Sementara stasiun bumi menggunakan radar untuk memastikan mereka benar-benar berada di mana seperti yang kita pikirkan.

Selain itu penerima, seperti yang Anda temukan di smartphone, terus mendengarkan sinyal dari satelit tersebut. Penerima memperhitungkan seberapa jauh mereka dari beberapa satelit.

Setelah penerima menghitung jarak dari empat atau lebih satelit, ia tahu persis di mana Anda berada. Jarak dan lokasi Anda di bumi dapat ditentukan dengan presisi luar biasa!

Mereka biasanya dapat menentukan di mana Anda berada dalam detail beberapa meter dari lokasi Anda sebenarnya. Sementara penerima dengan teknologi lebih tinggi bisa mencari tahu di mana Anda berada dalam detail beberapa inci.

Trilaterasi

Bayangkan Anda sedang berdiri di suatu tempat di Bumi dengan tiga satelit di langit di atas Anda. Apabila tahu seberapa jauh Anda dari satelit A, Anda akan mengetahui pasti berada di suatu tempat di lingkaran merah.

Apabila Anda melakukan hal yang sama untuk satelit B dan C, Anda dapat mengetahui lokasi Anda hanya dengan melihat di mana tiga lingkaran itu berpotongan. Makin banyak satelit di atas cakrawala, GPS Anda dapat menentukan di mana Anda berada secara lebih akurat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya