Solopos.com, JAKARTA - Tak dapat dipungkiri, kini perkembangan teknologi semakin canggih dan terus berinovasi menampilkan ide-ide yang luar biasa, khususnya pada bidang otomotif. Salah satunya teknologi airless tire yang dahulu ramai dibicarakan banyak orang? Kini teknologi airless tire telah dikembangkan produsen ban Michelin dan pengujiannya dilakukan bersama General Motors (GM).

Pabrikan ban asal Prancis Michelin menggandeng General Motors (GM) untuk bermitra bersama dalam pengembangan teknologi ban tanpa angin. Sebelumnya Michelin juga pernah memperkenalkan Tweel yang merupakan ban tanpa angin khusus untuk UTV (Utility Track Vehicle). Namun, kali ini pabrikan tersebut menghadirkan ban tanpa angin ini dengan sebutan Uptis (Unique Puncture-proof Tyre System) untuk kendaraan berpenumpang.

Berbeda dengan Tweel, Ban Uptis dirancang untuk memberikan pegangan dan daya tahan yang lebih baik pada kecepatan berkendara di jalan raya.

Bentukan dari ban Uptis ini memiliki rongga-rongga dengan struktur yang terbuat dari kombinasi resin karet dan diperkuat dengan fiberglass sehingga menampilkan kesan ban dengan desain yang sangat futuristik.

Kelebihan dari ban Uptis sendiri adalah keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara yang dapat dirasakan pada kendaraan Anda. Sebab dengan ban Uptis Anda tidak perlu khawatir lagi soal ban botak, pecah, bocor dan lainnya, sehingga Anda akan terhindari dari risiko kecelakaan di jalan raya maupun jalan Tol ketika sedang berkendara dengan kecepatan yang tinggi.

Sementara itu, General Motors (GM) akan menguji ban Uptis dari Michelin ini pada mobil Chevy Bolt EV. Rencananya Michelin dan GM akan mulai memproduksi ban Uptis tanpa perlu diisi dengan angin ini secara massal untuk kendaraan-kendaraan di 2024 mendatang.

Demikian dilansir Okezone, Jumat (20/9/2019)


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten

%d blogger menyukai ini: