SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO-Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Untara dan Sekjen Kota Jinjiang, Provinsi Fujian, Tiongkok , Liu Wenru menandatangani surat pernyataan kehendak di ruang rapat Sekda, Kompleks Balai Kota Solo, Selasa (19/3/219) siang. Surat pernyataan tersebut merupakan kesepakatan kerja sama di tiga bidang yakni ilmu pengetahuan dan teknologi, pendidikan serta perdagangan.

Keduanya berkomitmen untuk bekerja sama berdasar prinsip saling menghormati, percaya, menghargai dan menguntungkan. Selain itu baik Solo maupun Jinjiang juga akan memberikan prioritas dalam pertukaran dan kerja sama di tiga bidang tersebut. Untara mengatakan kedua kota bersedia memfasilitasi komunikasi dan pertukaran informasi antar kedua kota.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Kami sepakat menunjuk Kantor Urusan Luar Negeri Solo dan Kantor Urusan Luar Negeri Jinjiang bertanggungjawab melaksanakan komunikasi intensif dan resmi,” kata dia, Selasa. Perjanjian kerja sama tersebut menjadi momen penting peningkatan ekonomi. Dia menyebut promosi lintas negara, khususnya di wilayah Tiongkok sejalan dengan tugas meningkatkan perekonomian serta membuka keran investasi.

Sekjen Kota Jinjiang Liu Wenru berharap kerja sama yang telah ditandatangani itu bisa segera terealisasi. Lie mengatakan Kota Jinjiang memiliki luas 649 kilometer persegi dengan jumlah penduduk lebih dari 2.110 juta. Kota ini memiliki pertumbuhan ekonomi cukup besar di Tiongkok. “Kami berharap kerja sama dapat saling memajukan kota,” ungkapnya.

Dijumpai terpisah, Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Solo, Subagiyo, mengatakan kerja sama dengan Kota Jinjiang di antaranya menyasar produk kreatif yang dihasilkan oleh usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Kami ingin lewat kerja sama ini, UMKM Solo lebih kreatif dalam menghasilkan kekhasan, terlebih untuk ditawarkan di pasar ekspor. Ada makanan, tekstil, cetakan, dan ekonomi kreatif lain. Batik Solo kan punya ciri khas. Peluangnya sangat besar,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya