SOLOPOS.COM - Pemimpin BLUD KST Solo Technopark Yudit Cahyantoro saat ditemui wartawan di kompleks Solo Technopark Senin (6/2/2023). (Solopos.com/Maymunah Nasution).

Solopos.com, SOLO — Ketua BLUD KST Solo Technopark (STP), Yudit Cahyantoro, Senin (6/2/2023), menyebut ribuan tenaga kerja berhasil diserap STP lewat perusahaan-perusahaan yang memiliki tenan di Kawasan Terpadu Sains & Teknologi itu.

Rinciannya antara lain 725 tenaga kerja diserap Shopee, 100 tenaga kerja diserap oleh Bank Mandiri, dan perusahaan pengiriman JNT menyerap 300 tenaga kerja.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Yudit menyampaikan STP mengusung prinsip pentahelix dengan mengajak pemerintah, bisnis, media, akademisi, dan komunitas.

“Bisnis yang kami ajak mengembangkan STP menjadi pusat perkembangan teknologi adalah beberapa BUMN di Indonesia antara lain Bank Mandiri dan SKK Migas, kemudian perusahaan-perusahaan Unicorn seperti Shopee dan GoTo, lalu kerjasama antara Universitas Terbuka (UT) dan UNS mengembangkan gameworking sebagai lokasi co-working space,” ujar Yudit.

Yudit menjelaskan STP awalnya dibangun di tahun 2009 di lahan sebesar 8,9 hektar. Tujuan pembangunan STP adalah untuk pelatihan calon pekerja. Lokasi pembangunan STP memilih area di dekat 2 kampus yaitu Universitas Sebelas Maret (UNS) dan ISI.

“Tahun 2021 STP direvitalisasi oleh pemerintahan Gibran,” tambah Yudit.  Secara umum ada tiga klaster usaha di STP antara lain manufaktur, teknologi, dan edupreneur.

Executive Director Shopee Indonesia, Handhika Jahja, hadir dalam peresmian Kawasan Terpadu Sains & Teknologi Solo Technopark (STP) di Jebres, Solo, Senin (6/2/2023).

“Shopee hadir di Solo Technopark dengan menambah gedung Sembrani dan Gumarang untuk menampung karyawan. Di gedung itu nanti juga akan banyak diadakan pelatihan seperti robotik untuk anak-anak usia sekolah,” papar Handhika saat ditemui Solopos.com di gedung Shopee Creative and Innovation Hub Solo Technopark.

Dengan adanya kedua gedung tersebut, Shopee telah menambah investasi bangunan fisik di STP selain sebelumnya gedung Shopee Creative and Innovation Hub yang dipakai sebagai ruang bekerja beberapa perusahaan lain.

Perusahaan tersebut misalnya Mandiri, SKK Migas, GoTo, Tokopedia dan Bukalapak.

“Tapi perkembangan kami tidak hanya terpusat di Solo, selanjutnya kami juga akan membangun pusat pengembangan bisnis di kota-kota lain. Tren untuk tahun 2023 ini nanti ekonomi digital akan tumbuh semakin masif dan kami mendorong UMKM untuk terlibat langsung sehingga pelatihan juga akan kami gelar di sini,” ujar Handhika.

Peresmian Solo Technopark sebagai Kawasan Terpadu Sains dan Teknologi di Jebres, Solo, dilakukan Senin (6/2/2023). Peresmian ini dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya