Mahasiswa baru UNS Solo (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Mahasiswa baru UNS Solo dilarang membawa barang sekali pakai selama masa Formasi PKKMB 2019 mulai 13 Agustus 2019. Kali ini, mereka diminta menggunakan totebag sebagai wadah perlengkapan pengganti plastik. Hal itu dilakukan guna mendukung program BEM UNS Solo mengurangi sampah plastik.

Peserta Formasi Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo diwajibkan membawa totebag yang bisa dipakai jangka panjang. Cara ini dilakukan untuk menyukseskan program Badan Eksekutif Mahasiwa (BEM) UNS, Zero Waste. Program ini dilakukan guna mendukung program Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) mengurangi sampah plastik.

Konsep dasar Formasi yaitu membentuk 8.000 mahasiswa baru UNS Solo menjadi layar gadget. Jika dilihat secara lengkap, formasi itu sebenarnya adalah miniatur game. Dimulai dari loading game, alur menceritakan kehilangan koneksi Internet dan game error, kemudian game dimulai, dan membentuk suatu game puzzle Purwabrata, UNEP, dan UNS.

Alasan adanya UNEP alias program lingkungan dari PBB  dalam formasi yaitu sebagai upaya dukungan kepada organisasi anakan PBB yang fokus dalam kepedulian lingkungan yaitu UNEP dengan mengurangi penggunaan plastik. Jadi UNEP dipilih sebagai bentuk suatu kampanye dan cara panitia agar diliput oleh media internasional.

“Formasi kali ini ingin menyuguhkan hal berbeda, anti-mainstream tak seperti kampus lainnya. Kami ingin mengubah stigma bahwa universitas adalah sesuatu yang kaku, formal, dan full akademik. Jadi ingin menonjolkan sisi artistik, modern, dan dekat dengan kehidupan remaja yang menarik untuk dilihat,” ujar Faisal selaku koordinator acara dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Kamis (22/8/2019).

Formasi PKKMB tersebut bertujuan menumbuhkan mindsetbagi mahasiswa bahwa kegiatan di universitas itu seru, asik, tidak selalu formal. Itulah sebabnya panitia mengemas acara dengan model yang menarik dan kekinian.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten