Teka-Teki pada Foto Pertama Akun Instagram CIA
Logo Instagram (Reuters)

Solopos.com--JAKARTA--Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (AS) alias CIA membuka penyamaran mereka di Instagram dan memberi kesempatan kepada mereka yang bercita-cita menjadi agen rahasia untuk memecahkan sebuah misi dalam unggahan pertamanya.

Dikenal akan kerahasiaan, keleluasaan dan taktik mata-mata tersembunyinya, lembaga intelijen luar negeri AS itu menunjukkan rasa ironi dan satirnya dengan bergabung ke dalam platform media sosial. "Kami adalah barisan pertama pertahanan negeri," tulis CIA dalam bio akun Instagramnya, menggambarkan citra serius yang kerap diasosiasikan dengan lembaga tersebut.

Meski demikian, unggahan pertamanya justru bernuansa ceria. Foto yang diunggah menunjukkan kondisi sebuah meja kerja dengan berbagai benda yang terserak di atasnya mulai dari wig abu-abu keriting hingga tumpukan uang kertas asing.

Tantangannya tampaknya adalah untuk mengidentifikasi objek apa saja yang terdapat pada gambar itu. Sebagai petunjuk, juru bicara CIA mengatakan kepada CBS News bahwa banyak di antara benda tersebut milik sejumlah karyawan CIA.

Akun Instagram itu dibuat sebagai bagian dari strategi CIA untuk merekrut pegawai, agen, dan analis dari generasi muda. Kebanyakan pengguna Instagram berusia di bawah 30 tahun.

"Bergabung di Instagram adalah cara lain CIA untuk membagikan cerita kami dan merekrut warga Amerika berbakat untuk mengabdi di sini," ujar juru bicara CIA.

Melalui akun tersebut, CIA membiarkan netizen mengintip ke dalam kehidupan CIA, namun mereka tak menjanjikan swafoto dari lokasi rahasia.

Direktur CIA Gina Haspel mengumumkan rencana untuk membuka akun itu pekan lalu saat hadir dalam sesi tanya-jawab di Universitas Auburn di Alabama, AS. Akun tersebut, menurut Haspel, adalah contoh cara lembaga intelijen mencoba untuk memodernisasi diri di tengah arus digital.

Meski demikian, CIA sendiri tidak asing dengan media sosial. Mereka sebelumnya telah membuat akun di Twitter dan Facebook pada 2014. Isi cuitan pertamanya - "Kami tak bisa mengonfirmasi atau menyangkal bahwa ini adalah cuitan pertama kami" - sama-sama bernada satir, menyangkal reputasi menakutkan yang mereka miliki. Lantas, objek apa saja yang ada di foto itu?

Sumber: Detik.com/Instagram

Avatar
Editor:
Syifaul

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho