Tutup Iklan

Teka-Teki Kemunculan Prananda Prabowo di Tengah Prahara Ganjar VS Puan Maharani

Putra kedua Megawati Soekarnoputri, Prananda Prabowo, kembali tampil di hadapan publik. Banyak spekulasi yang berkembang dengan kemunculan kakak dari Puan Maharani tersebut,

 Prananda Prabowo (Detikcom/Istimewa)

SOLOPOS.COM - Prananda Prabowo (Detikcom/Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA -- Di tengah menghangatnya hubungan Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, dengan Gubernur Ganjar Pranowo, Prananda Prabowo mulai menampakkan diri di hadapan publik. Putra kedua Megawati Soekarnoputri itu mendampingi ibunya bertemu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menghadiri peresmian patung Ir Sukarno di kantor Kementerian Pertahanan, Minggu (6/6/2021).

Momen tersebut dinilai langka mengingat sosok Prananda selama ini sangat jauh dari sorotan media. Berbeda dengan adiknya, Puan Maharani, yang lebih sering tampil di hadapan publik, terlebih karena ia memegang jabatan Ketua DPR RI.

Kemunculan Prananda sontak menimbulkan spekulasi dari sejumlah pihak. Di tambah lagi dalam cara tersebut tidak ada Puan Maharani, sebuah hal yang tak biasa.

Baca Juga: Megawati Tampilkan Prananda Prabowo, Simbol Regenerasi PDIP?

Pertemuan Prabowo dengan Megawati dan didampingi oleh Prananda itu terjadi bertepatan pada hari lahir Bung Karno, Minggu pagi. Sekjen PDIP Hasto menjelaskan terkait pertemuan tersebut.

"Saat di Akademi Militer Magelang, Februari 2020 lalu, Pak Prabowo berjanji akan membangun patung Bung Karno naik kuda. Kita menyambut patung ini akhirnya terealisasi berdiri. Apalagi peresmian patung ini bersamaan dengan momentum bulan Bung Karno," kata Hasto dalam keterangannya, Minggu (6/6/2021).

"Sehingga momen ini semakin hikmat dan bermakna karena hari ini merupakan hari lahir Bung Karno," tambah Hasto.

Hasto mengatakan dirinya bersama Ketua DPP PDIP yang juga Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, akan turut menghadiri acara tersebut. "Ibu Megawati Soekarnoputri akan didampingi oleh Mas Prananda Prabowo, kepala situation room," ujar Hasto lebih lanjut.

Baca Juga: Diganjal Puan Maharani, Ganjar Pranowo Bakal Merapat ke Kubu Prananda Prabowo?

Kali Kedua

Kehadiran Prananda mendampingi Megawati bertemu Ketum Partai Gerindra, Prabowo, kali itu merupakan yang kedua. Momen sebelumnya adalah saat Prabowo berkunjung ke kediaman Megawati di Jl. Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, pada 24 Juli 2019 silam. Saat itu Prabowo didamping Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani dan Waketum Partai Gerindra, Edhy Prabowo.

Sosok Prananda selama ini disebut sebagai "tokoh misterius" atau "man behind the door". Sebutan itu bukan tanpa sebab, lantaran dia dinilai lebih jarang tampil dibanding adiknya, Puan Maharani.

Meski begitu, Prananda sering terlibat dalam penyusunan pidato politik sang ibu, Megawati Soekarnoputri. Meski demikian Prananda selalu merendah dengan mengungkap pidato tersebut disusun sesuai arahan ibunya. Prananda membantu mencarikan kutipan pidato-pidato Bung Karno, kakeknya.

Prananda sempat membuat heboh Kongres PDIP di Bali pada 2010. Saat itu, ia hadir dalam jumpa pers bersama sang ibu dan politikus PDIP Pramono Anung. Ia bahkan sempat digadang-gadang menjadi calon ketua umum pengganti Megawati.

Baca Juga: Siapa yang Layak Jadi Suksesor Megawati, Prananda Prabowo atau Puan Maharani?

Itulah pertama kali Prananda "diperlihatkan" ke publik. Namun, setelah itu, ia tak pernah muncul kembali. Sosoknya hanya dapat dijumpai di media sosial, seperti Twitter, Facebook, ataupun situs pribadinya. Di akun Twitter-nya, @pranandaprabowo, ia banyak berkicau tentang situasi perpolitikan negeri ini. Selebihnya, aktivitas Prananda jarang terlihat.

Suksesor Megawati?

Oleh sebagian tokoh PDIP, Prananda dinilai orang yang lebih layak menggantikan Megawati di kursi Ketua Umum PDIP, bukan adiknya, Puan Maharani. Salah satu tokoh PDIP yang terang-terangan mendukung Prananda adalah mantan Wali Kota Solo yang juga Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo.

"Kaderisasi harus dilakukan sedini mungkin. Karena Bu Mega Ketua UmunĀ PDIP sejak 1998. Kalau 2024 ingin menyerahkan tongkat estafet, kita harapkan ke Mas Prananda," kata pria yang akrab disapa Rudy itu pada 12 April 2021 lalu.

Berita Terkait

Berita Terkini

Masya Allah! Guru dan Siswa SD di Sidrap Bertaruh Nyawa ke Sekolah

Guru dan siswa SDN 2 Belawae, Kecamatan Pitu Riase, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan harus bertaruh nyawa untuk berangkat ke sekolah.

Aktif Ingatkan Isu PKI, Ini Daftar Harta Kekayaan Gatot Nurmantyo

Mantan Panglima TNI, Jendral Purn. Gatot Nurmantyo, yang aktif mengingatkan isu kebangkitan PKI memiliki harta kekayaan senilai Rp26,68 miliar.

Sepi Pembeli, Pedagang Ikan Susoh Bubarkan Paksa Vaksinasi Covid-19

Ratusan pedagang ikan di Aceh Barat Daya memprotes pelaksaan vaksinasi Covid-19 di PPI karena diduga membuat lokasi menjadi sepi pembeli.

Cerita Presiden Prancis, Dua Kali Dilempar Telur dan Ditampar

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, awal pekan ini mengalami insiden kurang menyenangkan. Dia dilempar telur oleh seorang penyerang.

Metafora Optimisme Menghadapai Zaman Sulit ala Anak Bajang

Anak bajang adalah gambaran dunia yang buruk rupa, tapi penuh harapan.

Ironi, Indonesia Baru Bahas RUU Perlindungan Data Pribadi

Perlindungan data pribadi menjadi strategis karena hak privasi seseorang bisa dilanggar lewat pencurian data pribadi, seperti nama lengkap, e-mail, rekening bank, bahkan riwayat kesehatan.

Malaysia akan Batasi Pekerja Asing, Ini Alasannya

Pemerintah Malaysia akan membatasi jumlah pekerja asing maksimal 15 persen dari seluruh jumlah tenaga kerja di negara tersebut.

Alhamdulillah, Insentif Guru Madrasah Non-PNS Cair Awal Oktober

Kementerian Agama akan menyalurkan insentif untuk 300.000 guru madrasah non-PNS paling lambat awal Oktober.

Aksi Komplotan Perampok Bercelurit di Jaksel Terekam CCTV

Aksi komplotan perampok bercelurit di salah satu ruko di Jakarta Selatan pada Senin (27/9/2021) dini hari terekam kamera cctv.

Taliban Larang Pria Afghanistan Cukur Jenggot hingga Selfie

Taliban kembali mengeluarkan aturan baru yang wajib dipatuhi warga negara Afghanistan. Aturan itu melarang para pria di Afghanistan bercukur jenggot.

Polusi Udara Masuk Daftar Pembunuh Senyap

WHO mengingatkan jika melampaui pedoman kualitas udara yang baru dapat membawa risiko yang signifikan terhadap kesehatan.

Round Up: Isu Bahaya Komunisme Hingga Pabrik Pil Koplo di Yogya

Ditipidnarkoba Bareskrim Polri dan Polda DIY membongkar jaringan produksi dan peredaran obat-obatan ilegal atau pil koplo dari dua pabrik di wilayah Yogya.

Hutan Itu Indonesia Ajak Generasi Z Jaga Hutan

Hutan Itu Indonesia mengadakan Konser Segala Dalam Nada untuk mengajak anak muda di seluruh Indonesia melakukan #JagaHutan dalam rangka memperingati Hari Hutan Indonesia.

Guru SMK se-Indonesia Dapat Ilmu Otomotif dari Daihatsu

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melalui pilar Pintar Bersama Daihatsu memberikan pengetahuan kepada guru SMK se-Indonesia secara kontinyu.

10 Berita Terpopuler: Sirkuit Mandalika Hingga Nasib Terminal Kartasura

Kabar tentang Sirkuit Mandalika yang disiapkan untuk gelaran olahraga bergengsi taraf internasional menjadi berita terpopuler Solopos.com pada Selasa (28/9/2021).

Penemu Vaksin Sebut Virus Corona akan Berakhir Seperti Flu Biasa

Ilmuwan terkemuka yang juga penemu vaksin Oxford AstraZeneca, Dame Sarah Gilbert, mengatakan Covid 19 tidak mungkin menjadi lebih ganas.