Tegas! Ini Pesan Jokowi untuk Aparat Hukum Soal Mafia Minyak Goreng

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan aparat hukum untuk terus menyelidiki mafia minyak goreng yang merugikan banyak pihak.

 Penyidik Kejagung menetapkan pengusaha Lin Che Wei sebagai bagian dari mafia minyak goreng yang bekerja sama dengan oknum di Kementerian Perdagangan, Selasa (17/5/2022). (Bisnis)

SOLOPOS.COM - Penyidik Kejagung menetapkan pengusaha Lin Che Wei sebagai bagian dari mafia minyak goreng yang bekerja sama dengan oknum di Kementerian Perdagangan, Selasa (17/5/2022). (Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan aparat hukum untuk terus menyelidiki mafia minyak goreng yang merugikan banyak pihak.

Pada pernyataan resmi melalui YouTube Sekretariat Presiden, selain menyampaikan pembukaan kembali ekspor minyak goreng dan crude palm oil (CPO), Jokowi juga menegaskan bahwa jangan ada pihak yang tidak serius terhadap penyelidikan tersebut.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

“Saya juga telah memerintahkan aparat hukum kita untuk terus melakukan penyelidikan dan memproses hukum para pelakunya. Saya tidak mau ada yang bermain-main yang dampaknya mempersulit rakyat, merugikan rakyat,” ujar Jokowi, Kamis (19/5/2022).

Dalam satu bulan, Kejaksaan Agung (Kejagung) telah menetapkan 5 tersangka kasus penyelewengan distribusi dan produksi minyak goreng. Mulai dari kementerian hingga konsultan perusahaan swasta terlibat dalam pelanggaran tersebut.

Tersangka yang sedang ditahan tersebut yaitu Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Indrashari Wisnu Wardgana, Komisaris Utama PT Wilmar Nabati Indonesia Master Parulian Tumanggor, Senior Manager Corporate Affair Permata Hijau Grup Stanley MA, dan General Manager PT Musim Mas Pierre Togar Sitanggang.

Baca Juga: Larangan Ekspor Dicabut, Gapki Siap-Siap Ekspor CPO Lagi?

Tersangka yang baru saja ditahan pada Selasa (17/5/2022), yakni Penasihat Kebijakan dan Analisa Independent Research dan Advisory Indonesia Lin Che Wei.

Kejagung meyakini masih ada mafia lainnya. Lin Che Wei diyakini sebagai pintu masuk untuk menangkap setiap orang yang terlibat dalam penyelewengan tersebut.

“Saya sudah perintahkan penyidik untuk ungkap tersangka lainnya, tersangka ini (Lin Che Wei) hanya pintu masuk saja,” kata Jaksa Agung Muda Pidana Khusus pada Kejagung, Febrie Adriansyah, Selasa (17/5/2022).

Sebelumnya Lin Che Wei berstatus sebagai saksi dan sudah diperiksa lima kali dalam kasus korupsi minyak goreng tersebut.

Baca Juga: Keran Ekspor CPO Dibuka, Gapki: Terima Kasih Pak Jokowi

Pemeriksaan pertama dilakukan pada 4 April 2022, kemudian pada 25 April 2022, 10 Mei 2022, 11 Mei 2022 dan terakhir 12 Mei 2022.

Sementara itu, pihak Kemendag masih ogah untuk berkomentar terkait keterlibatan Lin Che Wei yang diketahui kerap terlibat dalam pengambilan kebijakan di dalam Kemendag terkait minyak goreng dan pelarangan ekspor.

Plt Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Veri Anggrijono mengaku masih belum mengetahui secara detail keterlibatan Lin Che Wei dalam Kemendag.

“Saya belum mengetahui secara detailnya tentang penahanan LCW [Lin Che Wei],” ujar Veri, Kamis (19/5/2022).

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Soal Mafia Minyak Goreng, Jokowi: Jangan Main-Main!

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Embun Upas Dieng, Cantik Tapi Mematikan

+ PLUS Embun Upas Dieng, Cantik Tapi Mematikan

Fenomena embun beku atau dikenal dengan sebutan embun upas mulai muncul di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, yang dikenal cantik tapi mematikan.

Berita Terkini

Taspen Siap Salurkan Gaji-13 untuk Pensiunan, Cek Jadwal Pencairannya

PT Taspen siap menyalurkan pembayaran gaji ke-13 bagi pensiunan, penerima pensiun, dan penerima tunjangan, mulai 1 Juli 2022 sesuai dengan ketentuan berlaku.

Hari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Di Hari Keluarga Nasional, Tokopedia mengajak para orang tua untuk bisa menerapkan pola asuh yang tepat untuk anak.

Akhir Semester I/2022, Rupiah Hampir Tembus Rp15.000 Per Dolar AS

Indeks dolar AS pada pukul 15.10 WIB terpantau turut melemah 0,0510 poin atau 0,05% ke level 105,055.

Pendaftaran Aplikasi MyPertamina Hanya untuk Pemilik Roda 4

Pembukaan pendaftaran yang dilakukan di 11 daerah yang telah ditentukan tidak diperlukan untuk kendaraan roda dua.

Semakin Tergelincir, Berapa Harga Bitcoin Hari Ini?

Harga Bitcoin pada Kamis (30/6/2022) hari ini menyentuh ke level Rp288.562.098 atau US$19.361 berdasarkan pantuan di indodax.

Akhir Semester I/2022, IHSG Ditutup Melemah 6.919,33

Sepanjang perdagangan hari ini, IHSG bergerak pada rentang 6.897,67 - 6.990,86.

DPR: Perlu Pengawasan Ketat Penggunaan MyPertamina

Pengawasan ketat penggunaan aplikasi MyPertamina itu untuk mencegah terjadinya kebocoran BBM bersubsidi mengalir ke industri atau kelompok mampu.

Kemenko Perekonomian Goes to Campus Bahas Akses Permodalan UMKM

Acara Kemenko Perekonomian Goes to Campus di Universitas Negeri Yogyakarta ini diharapkan dapat semakin menumbuhkan jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswa.

Konsumen Bisa Cetakan QR Code untuk Transaksi Beli Pertalite dan Solar

Pertamina Patra Niaga menyatakan selain dengan aplikasi MyPertamina, bisa menggunakan QR Code yang sudah dicetak dan dibawa fisiknya ke SPBU untuk membeli Pertalite dan Solar.

Kendalikan Penyebaran PMK, Pemerintah Percepat Vaksinasi Hewan Ternak

Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk menangani dan mengendalikan kasus penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), 

Delegasi Pertemuan Kedua G20 Ikuti City Tour di Kota Solo

AstraMagz merupakan majalah internal Grup Astra yang berisi informasi tentang perkembangan bisnis dan informasi umum lainnya.

Antisipasi Laman MyPertamina Error, Ini Yang Dilakukan Pertamina

Pertamina Patra Niaga akan memperpanjang masa pendaftaran jika website erorr selama masa pendaftaran.

Kurs Rupiah di BRI, BNI, Mandiri, dan BCA, Kamis 30 Juni 2022

Indeks dolar AS terpantau melemah 0,02% atau 0,022 poin ke level 105,084 pada pukul 08.51 WIB.

Tak Miliki MyPertamina untuk Beli Pertalite, Bisa Daftar Via Website

Pendaftaran untuk membeli Pertalite dan Solar subsidi bisa dilakukan semua di situs web MyPertamina.

Raih Pendanaan US$70 Juta, Deliveree Siap Perluas Marketplace Logistik

Deliveree merupakan suatu marketplace pengiriman trucking dan kargo paling populer di Asia Tenggara dengan Indonesia, Filipina, dan Thailand sebagai negara operasionalnya.