SOLOPOS.COM - Kondisi jalan penghubung Jatiroto-Tirtomoyo di Dusun Kuncen RT 002/RW 003, Desa Ngelo, Jatiroto, Wonogiri, tertutup longsor, Minggu (1/3/2020). (Istimewa/BPBD Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI -- Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengakibatkan tebing tanah longsor menutup separuh badan jalan penghubung Jatiroto-Tirtomoyo, Wonogiri, Minggu (1/3/2020) siang.

Longsor yang terjadi di Dusun Kuncen RT 002/RW 003, Desa Ngelo, Jatiroto, Wonogiri, berpotensi terjadi lagi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, Bambang Haryanto, mengatakan durasi hujan cukup panjang mengakibatkan tebing tanah di sebelah timur jalan longsor dan menimpa badan jalan.

Terungkap! Perampok, Pembunuh, & Pemerkosa Jasad Wanita PNS Ternyata Anak SMA

“Arus lalu lintas kendaraan dari arah Jatiroto ke Tirtomoyo maupun sebaliknya terganggu. Hingga saat ini masih dalam proses penanganan oleh warga sekitar,” kata dia kepada wartawan, Senin (2/3/2020).

Kondisi tebing yang longsor tersebut, menurut dia, masih dimungkinkan terjadi longsoran susulan. Untuk saat ini kondisi jalan masih dapat dilalui kendaraan meskipun secara bergiliran satu arah.

Warga yang melintasi jalan tersebut diimbau lebih hati-hati. Kawasan lahan yang longsor masuk lahan Perhutani. BPBD terus berkoordinasi dengan Perhutani agar kawasan hutan ditata sehingga kejadian serupa tidak terjadi kembali.

Warung Mbok Yem di Puncak Lawu Punya Televisi dan Kulkas, Ternyata Ini Sumber Listriknya

Ia mengatakan BPBD telah mendata dan menginventarisasi lokasi kawasan hutan yang berpotensi longsor. Kawasan itu terutama yang berbatasan dengan permukiman penduduk maupun yang berdampak pada infrastruktur, khususnya jalan.

“Koordinasi terus dilakukan dengan Perhutani untuk upaya pengurangan risiko bencana. Namun sampai saat ini masih terkendala dalam penyelesaiannya,” kata Bambang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya