SOLOPOS.COM - Lalu lintas menuju jalan lingkar kota (JLK) Wonogiri dialihkan ke jalan utama kabupaten lantaran adanya tanah longsor yang memenuhi badan JLK ruas Desa Wuryorejo, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Sabtu (19/11/2022). (Solopos.com/Luthfi Shobri Marzuqi).

Solopos.com, WONOGIRI — Bencana longsor terjadi di tebing bahu jalan lingkar kota (JLK) ruas Kelurahan Wuryorejo, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri. Material longsor memenuhi seluruh badan jalan hingga membuat JLK ditutup total.

Salah seorang warga yang bertempat tinggal tak jauh dari lokasi longsor JLK, Yadi, mengatakan tanah longsor terjadi pada Sabtu (19/11/2022) sekitar pukul 01.00 WIB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hujan deras yang berlangsung sejak Jumat (18/11/2022 sore hingga Sabtu dini hari menjadi penyebab terjadinya longsor. “Enggak ada korban, jalanannya sepi. Tapi karena menutup badan jalan, JLK sampai sekarang [pukul 11.00 WIB] masih ditutup,” kata Yadi kepada Solopos.com, Sabtu.

Pantauan Solopos.com di lokasi longsor, dua alat berat dikerahkan untuk mengangkut material longsoran.

Sejumlah truk jungkit tampak mondar-mandir membawa material longsor untuk dibuang ke tempat lain. Pengendara mobil dan motor yang mencoba nekat melintasi JLK terpaksa memutar balik kendaraannya.

Baca juga: Tanah Longsor Landa Desa Pare Wonogiri, Dinding Rumah Jebol dan 2 Orang Terluka

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Wonogiri, Didik Sudarmaji, menyebut material longsor tak hanya menutup badan jalan, tetapi juga saluran air di bahu jalan.

Imbasnya, sejumlah genangan air muncul di beberapa titik longsoran. “Panjang longsorannya sekitar 20 meter sedangkan tingginya empat meter,” kata Didik kepada Solopos.com, Sabtu.

Ia menambahkan, alat berat dan truk jungkit yang dikerahkan untuk membantu menangani material longsor merupakan bantuan dari perusahaan tambang pasir di Randubang.

“Kami tidak punya alat, jadi kami minta bantuan. Total alat berat yang dikerahkan ada dua dan truk jungkitnya ada lima,” tuturnya.

Baca juga: Tanah Longsor Landa Brenggolo Wonogiri, 1 Rumah Rusak dan Tutup Jalan Provinsi

Dengan bantuan alat berat dan truk pengangkut material longsor, Didik menarget penanganan longsor akan selesai dalam sehari atau Sabtu sore. “Sekarang JLK masih kami tutup. Tapi kami upayakan penanganan longsornya selesai hari ini,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya