SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sukoharjo (Solopos.com) — Tebing di Dukuh Kaligunting dan Dukuh Bedug di Desa Sanggang, Kecamatan Bulu, Sukoharjo longsor terus menerus setiap kali hujan turun dalam waktu dua pekan terakhir.

Kejadian tersebut mengakibatkan puluhan rumah warga yang berada di atas tebing ikut terancam longsor. Bencana longsor juga membuat jalan utama yang menghubungkan Kecamatan Tawangsari dan Bulu dengan Wonogiri terancam putus. Berdasarkan pantuan Espos di lokasi kejadian, Rabu (2/3/2011), tebing yang longsor di Dukuh Kaligunting cukup parah. Longsor yang terjadi sepanjang kurang lebih satu kilometer (km) dan ketinggian 20 meter tersebut mengakibatkan pepohonan tumbang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Di sini dulu bekas penambangan batu padas. Sudah sejak 10 tahun lalu penambangan ini dilakukan, namun tidak menggunakan back hoe, cuma dikerjakan secara manual dengan menggunakan alat biasa,” jelas Sumardi,50, warga Desa Sanggang saat dijumpai wartawan.

Dia menambahkan, penambangan itu dilakukan karena tanah di bagian bawah tebing ingin diratakan untuk didirikan rumah. Selain itu, penambangan batu padas dilakukan warga agar batunya bisa dijual. Penambangan yang terjadi hampir kurang 10 tahun itu menyebabkan struktur tanah pada tebing di Kaligunting menjadi labil dan mudah longsor.

(hkt)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya