SOLOPOS.COM - Kali Pepe di utara Taman Parkir Loji Wetan, tempat jembatan bambu akan dibangun. Foto diambil Kamis (27/10/2016). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Proyek penanganan banjir Solo, Kali Pepe hilir diperkuat.

Solopos.com, SOLO — Proyek perkuatan tebing Kali Pepe hilir sepanjang Bendung Karet Tirtonadi Solo hingga pintu air Demangan Sangkrah sudah terealisasi sepanjang 3 kilometer.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Proyek infrastruktur Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) yang merupakan bagian dari proyek penanganan banjir Kota Solo itu kini sudah mencapai di wilayah Sudiroprajan, Jebres.

Ekspedisi Mudik 2024

Berdasarkan pantauan , Sabtu (13/1/2018), ada tiga alat berat yang bekerja di Kali Pepe mengeruk sedimentasi sungai. Selain itu, ada beberapa pekerja membuat rangka beton untuk penguatan tebing sungai.

“Dari Bendung Karet Tirtonadi sampai pintu air Demangan nanti total panjangnya mencapai 5 kilometer. Saat ini sudah terealisasi 3 kilometer,” kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Sungai Pantai III BBWSBS, Arlendenovega, Sabtu.

BBWSBS menargetkan perkuatan tebing Kali Pepe Hilir itu selesai November tahun 2018 ini. “Tebing sungai itu sudah dalam kondisi kritis, sudah lama tidak diperbaiki. Kalau tidak diperkuat dengan tebing beton, akan mudah jebol atau longsor,” papar Vega, sapaannya.

Seperti diketahui, proyek penanggulangan banjir Kota Solo terdiri dari tiga pekerjaan yang didanai APBN multiyears tahun 2016-2018. Tiga pekerjaan itu meliputi perkuatan tebing dan normalisasi Kali Pepe Hilir mulai Bendung Tirtonadi sampai pintu air Demangan.

Pekerjaan kedua adalah pembangunan parapet yakni meninggikan tanggul Sungai Bengawan Solo. “Pekerjaan ketiga adalah rehabilitasi Bendung Karet Tirtonadi,” ujar dia.

Kabid Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Solo, Arif Nurhadi, menyebut proyek perkuatan tebing sungai itu dengan istilah manteling.

“Kami membantu BBWSBS untuk urusan nonteknis. Seperti sosialisasi kepada masyarakat di sepanjang Kali Pepe Hilir, kaitannya dengan dampak proyek,” ujar Arif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya