SOLOPOS.COM - Kondisi tebing sungai di RT 002 /W 008 Kelurahan Banyuanyar, Banjarsari, Solo, yang ambrol, Jumat (19/3/2021). (Istimewa-Pemerintah Kelurahan Banyuanyar)

Solopos.com, SOLO -- Erosi tebing sungai membuat satu masjid di RT 002 RW 008 Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Banjarsari, Solo, berada di bibir Sungai Pepe. Petugas, warga, dan sukarelawan menyusun sand bag atau karung berisi tanah.

Kasi Pembangunan dan Lingkungan Hidup Kelurahan Banyuanyar, Supriyadi, menjelaskan erosi sepanjang kira-kira 10 meter akibat debit air mengalir deras saat hujan lebat Selasa (16/3/2021) malam. Satu rumpun bambu di belakang masjid longsor ke sungai.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Ada rumpun bambu penahan tanah roboh sampai akhirnya tebing sungai mendekati bangunan masjid yang paling tepi. Di samping masjid ada bangunan warga,” kata dia kepada Solopos.com, Jumat (19/3/2021).

Baca juga: Solo Raya Diprediksi Hujan Lebat Hari Ini, BMKG: Waspada Potensi Bencana!

Supriyadi mengatakan telah membuat laporan kepada Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Kota Solo, Rabu (17/3/2021) pagi. Sejumlah truk mengirimkan material pasir ke lokasi dekat masjid.

“Sukarelawan mulai kemarin sore [Kamis, 18/3/2021] membuat dan menumpuk karung pasir. Pagi tadi petugas dan sukarelawan mengangkat rumpun bambu,” paparnya.

Baca juga: Masih Terbuka Peluang Penelitian Kesehatan Terkait Covid-19

Menurut Supriyadi, erosi pernah terjadi yang berdampak pada satu rumah warga di RT 003/RW 008 akhir Januari 2021. Wilayah Kelurahan Banyuanyar yang memiliki wilayah aliran Sungai Pepe yaitu RW 007, 005, 002, 001, dan RW 008.

“Sepanjang Kali Pepe wilayah Banyuanyar yang belum dibangun talut di RW 007 dan RW 008,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya