SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MAGETAN — Tanah longsor menerjang Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Selasa (29/1/2019). Meski tidak menimbulkan kerugian jiwa, namun material longsoran menutup akses jalan warga di Desa Ngancar.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan, Fery Yoga Saputra, mengatakan tebing di Desa Ngancer mengalami longsor pada Selasa. Tanah longsor ini disebabkan oleh hujan deras yang mengguyur wilayah itu sejak beberapa hari terakhir.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Material longsoran ini menutup akses jalan di Desa Ngancar. Tanah longsornya tidak begitu parah, kerugiannya hanya sekitar Rp3 juta,” kata dia saat dihubungi Madiunpos.com.

Fery menyampaikan Kecamatan Plaosan ini memang menjadi salah satu wilayah yang rawan tanah longsor. Sekitar 70% tanah di kecamatan ini berpotensi longsor karena kondisi tanahnya memang tidak stabil.

Selain faktor alam, masyarakat setempat juga tidak memerhatikan pola pembuangan air rumah tangga dan peternakan. Sehingga air limbah tersebut diserap tanah dan membuat tanah menjadi labil.

“Jadi tanahnya kayak nyemek atau kandungan airnya terlalu tinggi. Sehingga itu membuat tanah mudah mengalami longsor saat hujan deras mengguyur,” jelas dia.

Untuk itu, ia mengharapkan masyarakat setempat untuk memperbaiki pola pembuangan air limbah rumah tangga. Selain itu masyarakat diminta untuk lebih waspada saat hujan deras mengguyur. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya