Kategori: Sragen

Tebing di Karangmalang Sragen Longsor, 1 Rumah Nyaris Ambrol


Solopos.com/Tri Rahayu

Solopos.com, SRAGEN -- Rumah milik Sardiman, 55, di Dukuh Kembangan RT 015/RW 007, Desa Mojorejo, Kecamatan Karangmalang, Sragen, terancam ambrol lantaran tanah bertebing sedalam lima meter longsor, Minggu (1/3/2020) pukul 15.00 WIB.

Sardiman terpaksa menahan dinding rumah bagian dapur dengan bambu agar tidak ambrol karena fondasinya gerak akibat tanah longsor.

Sardiman menyampaikan tanah longsor terjadi saat hujan deras pada Minggu sore. Dia mengatakan tebing sepanjang 20 meter tiba-tiba longsor.

WNI di Depok Kena Corona Setelah Dansa pada 14 Februari 2020

Untungnya di bagian bawah, ujar dia, tidak ada rumah berdekatan. Dia mengatakan dinding batu bata di bagian dapur sudah retak karena pengaruh pergerakan tanah itu.

“Untuk sementara saya berusaha mengantisipasi sendiri dengan menahan dinding dapur itu supaya tidak ambrol. Bagian tanah yang tersisa saya tutupi dengan terpal supaya saat hujan mengguyur tidak menggerus tanah sehingga tanah longsor bisa berhenti,” ujar Sardiman saat dihubungi solopos.com, Senin (2/3/2020) siang.

Pengakuan Anak dari Kakek Meninggal Tergantung di Jembatan Dawung Solo

Dia menjelaskan jarak tanah longsor dengan dinding rumahnya tinggal dua meter.

Kasi Ketentraman dan Ketertiban (Trantib) Kecamatan Karangmalang, Indon Baroto, langsung mendatangi lokasi tanah longsor setelah mendapat laporan, Senin siang.

“Kami sudah minta Pak Sekdes datang ke lokasi dan segera diagendakan kerja baksi massal dalam waktu dekat. Pemerintah Desa Mojorejo langsung membuat surat laporan kepada Bupati yang ditembuskan ke Camat Karangmalang,” katanya.

Aksi Ini Bikin Komunitas Sungai Klaten Jadi Percontohan Nasional

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sragen Sugeng Priyono sudah meminta anggota BPBD Sragen untuk melakukan assessment, Senin siang.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan Karangmalang agar segera ada tindakan. Kalau nanti ada kerja bakti, BPBD siap mengerahkan tenaga. Bila membutuhkan sand bag atau kantong plastik, kami siap memberi sesuai dengan kebutuhan,” ujarnya.

Share
Dipublikasikan oleh
Rohmah Ermawati