Tutup Iklan
Pentas Produksi#16 diadakan sebagai puncak program kerja generasi ke-15 Teater Nglilir. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR – Teater Nglilir merupakan teater yang berawal dari kegemaran para siswa SMA Negeri 1 Karanganyar yang gemar berjelajah dari satu panggung ke panggung lain hanya untuk menikmati pementasan teater-teater kampus dan teater umum di Surakarta.

Berawal dari kegemaran tersebut munculah satu gagasan mendirikan komunitas sebagai wadah untuk menyalurkan bakat seni, khususnya seni teater bagi siswa-siswi SMA Negeri 1 Karanganyar dan pada tanggal 2 Mei 2004.

Deklarasi berdiri komunitas Teater Nglilir di SMA Negeri 1 Karanganyar. Dengan prinsipnya Ngudi Luhur Ing Lelaku Kenthir, Teater Nglilir yang dikoordinasi oleh Erlangga Mahendra Yudha berjuang untuk tetap berproses di tengah kegalauan yang ada.

Pentas Produksi merupakan program kerja tahunan dari Teater Nglilir SMAN 1 Karanganyar yang rutin diadakan setiap tahunnya.

Pentas Produksi#16 diadakan sebagai puncak program kerja generasi ke-15 Teater Nglilir. Pentas ini digelar pada Kamis (18/4/2019) di Teater Arena, Taman Budaya Jawa Tengah dengan mengusung tema Galaxy, dan mengangkat naskah Milik Siapa,”Benar?” karya Faisal Juli Setiawan, Sutradara Faisal Juli Setiawan, Astrada Firda N.F, Komposer Daniel Saputra dan Koreografer Esterlita P.Y.

Naskah yang menceritakan kisah cinta berbeda dunia di mana seorang dewa di Suralaya mencintai penari yang berasal dari buana yang sudah memiliki suami dan anak. Karena pertemuan yang tanpa disengaja membuat sang Dewa jatuh hati kepada penari tersebut. Ego yang membuat sang Dewa mudah terhasut oleh jin untuk mewujudkan semua keinginannya dan menguasai kekuasaan.

Sang Dewa ditentang oleh kebenaran yang ada. Dan mulai dari situ satu per satu kesalahan menjadi benar pada waktunya. Pentas tersebut sukses membuat penonton larut dalam alur cerita yang disajikan. Ditambah dengan iringan yang menggabungkan musik modern dan musik gamelan Jawa serta kolaborasi dengan tarian kontemporer yang membuat penonton tidak mau melewatkan setiap momen momennya.

Dengan diadakannya pentas tersebut diharapkan dapat mengajak masyarakat untuk lebih peka pada lingkungan sosialnya, menciptakan masyarakat penikmat seni teater dari berbagai lapisan masyarakat, memberikan hiburan alternatif di tengah peradaban manusia masa kini yang semakin maju.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten