SOLOPOS.COM - Teater Anak Muda Bicara saat mementaskan Lakon Zetan Februari 2013 lalu di Socited, TBY. (JIBI/Harian Jogja/Kurniyanto)

Harianjogja.com, JOGJA—Kelompok teater Anak Muda Bicara akan mementaskan lakon Republik Petruk di Gedung Socited Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Jl. Sriwedani, Sabtu (12/10), malam.

Berbeda dengan naskah aslinya, kelompok teater Anak Muda Bicara akan melakukan sejumlah perombakan salah satunya memangkas jumlah pemain. Jika naskah asli dimainkan sebanyak 100 pemain, maka Anak Muda Bicara hanya menggunakan 11 pemain.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

“Meski demikian, pemain tidak akan ada yang memerankan tokoh ganda,” kata Abimanyu Prasetya Perdana Sutradara teater Anak Muda Bicara, Kamis (10/10/2013).

Yang lebih menariknya lagi, lakon Republik Petruk menjadi pengalaman perdana bagi 11 pemain di panggung teater.

Sebelum tampil, para pemain itu berlatih intensif lima bulan di bawah gemblengan teater Anak Muda Bicara. Menurut Abimanyu, para pemain yang tampil itu sebagian besar pelajar dan mahasiswa.

“Mereka masuk di jalur studi teater. Itu merupakan program tahunan di Teater Anak Muda Bicara yang memberikan kesempatan bagi mereka yang ingin belajar teater. Nah, Petruk Dadi Ratu menjadi praktek mereka setelah lima bulan berlatih,” paparnya.

Lakon Republik Petruk berdurasi selama 150 menit ini menyuguhkan mengenai kisah asmara Petruk dengan Dewi Ambarwarti, istrinya dan bagaimana dia menjadi seorang pemimpin.

Kisah ini, penuh dengan pesan satire yang berusaha menertawakan kebobrokan potret pemerintahan Indonesia saat ini.

“Ada beberapa hal yang kami masukkan sebagai cerita seperti tertangkapnya Akil Muchtar hingga banyaknya polisi yang tewas karena ditembak mati. Ini diluar naskah asli namun sengaja saya sesuaikan dengan konteks kekinian tapi tidak merubah esensi naskah aslinya,” ujar Abimanyu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya