SOLOPOS.COM - Taman Budaya Yogyakarta (Ilustrasi)

Taman Budaya Yogyakarta (Ilustrasi)

JOGJA—Taman Budaya Yogyakarta (TBY) mengadakan Gelar Seni Sepanjang Tahun pada Minggu, 16 Desember 2012.
Gelar seni ini merupakan puncak dari rangkaian pagelaran seni selama 2012. Acara yang diadakan mulai pukul 10.30 WIB di halaman TBY ini menampilkan Saraswati Dance Company dan Toni Boster Band.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Saraswati Dance Company menampilkan lima tarian yang berasal dari lima daerah berbeda di Indonesia. Tarian-tarian tersebut antara lain, Tari Golek Wiraga Rini (Jogja), Tari Panyembrama (Bali), Tari Gaplek (Sunda), Tari Bongkel (Banyumas), dan Tari Pakarena (Sulawesi)

“Kami menampilkan tarian yang kreatif dan tidak membosankan. Tari Golek Wiraga Rini misalnya. Tarian tersebut merupakan tarian tunggal putri yang bisa ditarikan secara berkelompok yang bercerita tentang kegembiraan gadis yang tengah berhias,” kata Susi Setyaningsih, salah satu penari Golek.

Pagelaran seni ini merupakan komitmen TBY untuk melestarikan, membina, dan mengembangkan kebudayaan tradisional Indonesia terutama tarian daerah agar mampu bersaing di tengah terpaan kebudayaan modem. Selain itu kegiatan ini berupaya melestarikan aktivitas kesenian yang dilakukan pada kantong-kantong kesenian tradisi yang ada di DIY.

“Kegiatan ini tidak terlepas dari aspek pengembangan kreativitas yang dapat dijadikan daya tarik agar seni trad isi tetap dirninati masyarakat . TBY berusaha untuk memberikan apresiasi berkaitan dengan upaya memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk dapat menikmati pertunjukan tradisi,” kata Ketua Panitia Gelar Seni Sepanjang Tahun 2012, Sri Eka K.

Selain menampilkan Saraswati Dance Company, Gelar seni juga dimeriahkan dengan penampilan Toni Boster Band. Band yang dimotori oleh TBY ini menyanyikan beberapa lagu khasnya. Penonton yang datang terlihat antusias menikmati dan memberi apresiasi terhadap pagelaran seni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya