SOLOPOS.COM - Logo KPI (JIBI/Dok)

Tayangan sehat dirilis KPI.

Solopos.com, JAKARTA – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) merilis hasil survei Indeks Kualitas Program Televisi. Dalam survei itu, disebutkan 10 tayangan sehat program TV berkualitas.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Survei tersebut digelar bersama sembilan perguruan tinggi negeri, di sembilan kota besar di Indonesia, terdapat tiga program yang diuji kualitasnya, yaitu berita, variety show, dan sinetron.

Dari ketiga program ini, kategori berita memiliki indeks kualitas yang lebih tinggi dari variety show dan sinetron, meski pun masih tetap di bawah standar kualitas yang ditetapkan oleh KPI.

Dalam jumpa persnya, Senin (23/6/2015) sebagaimana dikutip dari Liputan6.com, Ketua KPI, Judhariksawan mengatakan, dalam survei ini responden diminta untuk menilai acara yang berkualitas dari program yang pernah ditonton dalam sebulan terakhir. Sepuluh teratas, tayangan sehat berkualitas tersebut di antaranya, Kick Andy, Mata Najwa, Indonesia Lawyers Club, My Trip My Adventure, On the Spot, Hitam Putih, Laptop si Unyil, Mario Teguh Golden Ways, Liputan 6, dan Ini Talkshow.

Dalam pelaksanaannya, KPI bekerja sama dengan Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI). Metode penelitian itu menggunakan peer review assesment. Disebutkan, survei tersebut bukan sebuah survei khayalak pemirsa televisi.

Mengenai responden yang diambil dari survei ini adalah para pemirsa yang dipandang mengetahui program siaran televisi dan bisa menilai program televisi. Judha melanjutkan, penelitian ini terfokus pada kualitas program televisi yang disajikan.

Tidak semua program televisi akan dinilai, hanya akan diambil sampel program siaran. Agar hasil penilaian para ahli dinilai valid, para ahli terlebih dahulu menonton program acara sebelum melakukan penelitian. Penelitian ini dirancang secara panel (longitudinal) menyertakan responden yang sama dari waktu ke waktu lain.

Sampel dari penelitian ini adalah program siaran televisi yang ditayangkan di 15 stasiun televisi nasional, meliputi Antv, Global, Indonesia, MetroTV, MNCTV, RCTI, SCTV, TramsTV, Trans7, TVOne, TVRI, RTV, Sindo TV, Kompas Tv dan Net pada rentang waktu pukul 05.00-24.000 selama dua bulan.

Penelitian ini melibatkan 90 ahli di 9 kota di Indonesia, sehingga total ada 810 orang ahli. Dimana rasio responden adalah laki-laki dan perempuan 50% : 50%, yang meliputi aktivis/LSM, mahasiswa, tokoh agama, tokoh muda, tokoh adat, tokoh masyarakat, birokrat, wartawan, karyawan swatsta, TNI/Polri, dan wakil rakyat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya