TAX AMNESTY : Sepekan Uang Tebusan Naik 40,5%, Tapi Didominasi UMKM

TAX AMNESTY : Sepekan Uang Tebusan Naik 40,5%, Tapi Didominasi UMKM

SOLOPOS.COM - Puluhan UMKM yang tergabung dalam Jumpa Minum Teh dan Niaga (Juminten) Soloraya mengikuti sosialisasi Tax Amnesty di Wisma Boga Solo Baru, Kamis (16/3/2017). (Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos)

Dalam sepekan terakhir, uang tebusan dalam tax amnesty naik 40,5% yang didominasi pelaku UMKM.

Solopos.com, SOLO -- Sepekan menjelang berakhirnya tax amnesty atau pengampunan pajak, wajib pajak yang memanfaatkan fasilitas itu meningkat tajam. Nilai uang tebusan mengalami kenaikan tajam selama enam hari terakhir, yakni sekitar 40,5%.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Solo, Eko Budi Setyono, menyampaikan nilai uang tebusan yang terkumpul hingga Minggu (26/3/2017) sebanyak Rp52 miliar. Hal ini mengalami kenaikan signifikan selama enam hari terakhir karena sebelumnya hanya sekitar Rp37 miliar.

“Semakin mendekati hari penutupan pelaksanaan tax amnesty, semakin banyak wajib pajak [WP] yang memanfaatkan. Antrean pun terus bertambah setiap hari. Saat ini antrean sekitar 150 orang-200 orang per hari tapi jumlah ini, kami yakin akan terus bertambah,” ungkap Eko saat ditemui Solopos.com, Minggu.

Sabtu-Minggu (25-26/3/2017), antrean di KPP Pratama Solo maupun Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kantor Wilayah (Kanwil) Jateng II dipadati WP yang ingin mengikuti pengampunan pajak. Eko mengatakan setiap Minggu, pengampunan pajak dilayani hingga pukul 12.00 WIB. Namun karena antusiasme WP sangat tinggi sehingga pukul 11.00 WIB, antrean sudah ditutup.

Begitu juga Sabtu (25/3/2017), di mana antrean ditutup pukul 12.00 WIB atau dua jam sebelum batas layanan berakhir karen antrean membeludak. "Kami tutup layanan nomor antrean lebih awal karena antrean panjang, supaya petugas juga tidak terlalu lelah mengingat mulai Senin-Kamis [27-30/3] layanan akan dibuka hingga pukul 19.00 WIB dan Jumat [31/3] layanan dilakukan hingga pukul 24.00 WIB,” terangnya.

Eko mengungkapkan selama ini layanan amnesti pajak dilakukan setiap hari. Namun pada Selasa (28/3/2017) depan, layanan akan libur karena bertepatan hari libur keagamaan. Menurut dia, pengampunan pajak periode terakhir ini tetap didominasi oleh WP usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKKM) dengan nilai tebusan yang tidak terlalu tinggi.

“Kesadaran WP untuk mengikuti tax amnesty cukup baik karena ada beberapa diantaranya yang membayar uang tebusan tidak lebih dari Rp100.000 mengingat bagi UMKM hanya dikenai tarif 0,5% bagi yang hartanya tidak lebih dari Rp10 miliar,” kata dia.

Semua WP bisa mengikuti program pengampunan pajak berapapun nilai harta yang dilaporkan dan uang tebusan yang dibayar. Meski begitu, dia mengatakan potensi masih cukup besar dengan nilai uang tebusan yang mencapai miliaran.

Berita Terkait

Berita Terkini

Terpaksa Mudik? Ini Syarat dan Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Covid-19

Pelaku perjalanan yang dikhususkan bagi yang dikecualikan harus memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SKIM) dan Surat Bebas Covid-19 dengan menggunakan tes PCR atau Rapid Test Antigen maupun GeNose C19.

IDI Pusat Apresiasi Produk Eucalyptus Peneliti Kementan

Hasil penelitian Eucalyptus yang dilakukan sangat luar biasa dan berkembang dengan sangat baik.

Viral Pria Ngeyel Pakai Kursi Roda di Tengah Jalan Widuran Solo, Bisa Picu Kecelakaan Maut

Pria pengguna kursi roda di Solo ini membuat pengguna jalan lain cemas. Dia kerap berada di tengah jalan dan memicu kecelakaan maut.

Bupati Karanganyar: Takbiran Keliling Dilarang, Takbiran di Masjid Saja

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, melarang takbiran keliling. Sebagai gantinya takbiran hanya boleh dilakukan di dalam masjid dan musala.

Dinkopnaker Boyolali Klaim Masalah THR Pan Brothers Sudah Tuntas

Dinkopnaker Boyolali mengklaim masalah pembayaran THR yang diprotes karyawan PT Pan Brothers sudah selesai melalui kesepakatan bersama.

Seorang Anggota DPRD Grobogan Ditangkap Polisi Gegara Ganja

Pengakuan tersangka menggunakan barang haram tersebut karena selama ini mengalami gangguan sulit tidur.

Wanita Solo yang Kembalikan Uang Rp20 Juta ke Pemilik Dipuji Ustaz Yusuf Mansur

Wanita asal Solo ini dapatkan pujian dari Ustaz Yusuf Mansur karena mengembalikan uang puluhan juta yang hilang

Kisah 11 Pemudik Ngumpet di Mobil, Ketahuan Polisi di Bekasi

Kanit Turjawali Polres Metro Bekasi, Iptu Supanta, mengatakan minibus itu hendak mudik ke Cilacap, Jawa Tengah.

Hari Kedua Pelarangan Mudik, Angkutan Barang Dominasi Tol Sragen

Sejumlah kendaraan pribadi dari luar Jawa Tengah terjaring penyekatan di Jembatan Timbang Sambungmacan pada Jumat pagi.

Tak Ada Penumpang Turun di Terminal Ir Soekarno Klaten Sejak Kamis Malam, 23 Bus Nganggur

Puluhan unit bus diparkir di Terminal Ir Soekarno Klaten menyusul adanya larangan mudik Lebaran 6-17 Mei sehingga tidak bisa beroperasi.

Sebar Hoaks Tank TNI untuk Halau Pemudik, Warga Diciduk

Kapendam Jaya, Kolonel (Arh) Herwin BS, mengatakan tank di Jalan Raya Narogong, Cileungsi, Bekasi, itu digunakan untuk keperluan latihan.