SOLOPOS.COM - Tawuran di Jalan Kusumanegara, Kota Jogja, Minggu (4/6/2023) malam. - Istimewa

Solopos.com, JOGJA — Aksi tawuran antara pesilat dari PSHT dengan kelompok suporter bola, Brajamusti, di Kota Jogja pada Minggu (4/6/2023) sangat disayangkan. Tawuran tersebut mengakibatkan beberapa benda cagar budaya milik Museum Tamansiswa Dewantara Kirti Griya.

Ketua Umum Asosiasi Museum Badan Musyawarah Musea (Barahmus) Daerah Istimewa Yogyakarta, Bamabang Widodo, mengatakan tawuran antara PSHT dengan warga dan Brajamusti merusak bangku peninggalan Ki Hajar Dewantara, pintu belakang museum, dan taman museum.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Museum akan mengajukan laporan kepada pihak yang berwenang atas kerusakan yang terjadi.

“Itu cagar budaya, jadi kami tidak bisa seenaknya memperbaiki. Kami berharap bantuan pemerintah,” kata dia, Senin (5/6/2023).

Sementara itu, Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, mengatakan Pemda akan membantu museum untuk memperbaiki kerusakan yang diakibatkan dari tawuran tersebut.

“Kalau itu cagar budaya, kalau Pemda DIY bisa bantu, ya enggak apa-apa. Saya belum tahu kalau ada kerusakan seperti itu. Nanti kita lihat,” kata Sultan di Kompleks Kepatihan, Senin.

Kepala Museum Tamansiswa Dewantara Kirti Griya, Ki Muryanto, mengatakan kerusakan meja dan kursi peninggalan Ki Hajar Dewantara tersebut lantaran terkena lemparan benda-benda keras dari insiden tawuran tersebut.

“Kursi sama meja sempat kena lempar batu dan dinaiki massa yang masuk ke area museum. Terus pintu museum juga jebol,” kata dia.

Selain kursi, meja, dan pintu, jelas Muryanto, tak ada lagi koleksi bersejarah dari Museum Tamansiswa Dewantara Kirti Griya yang rusak.

“Hanya bangunan ini ada yang rusak ringingan itu tadi, yang lain belum ada yang rusak berat,” ujarnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Peninggalan Ki Hajar Dewantara Dirusak Massa Tawuran, Begini Respons Sultan Jogja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya