Tawarkan Pesona Alam Eksotis, Inilah Rute Menuju Gunung Sepikul Sukoharjo

Gunung Sepikul dengan ketinggian sekitar 350 meter di atas permukaan laut (mdpl) cocok bagi pehobi tracking atau pendakian terutama bagi pemula.

SOLOPOS.COM - Pengunjung berfoto bersama dengan latar belakang bebatuan pegunungan di Gunung Sepikul, Bulu, Sukoharjo, Minggu (6/6/2021). (Solopos-R. Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO — Bukit Sepikul atau Gunung Sepikul yang berlokasi di Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu, Sukoharjo, Jawa Tengah, kini tengah populer menjadi destinasi wisata alternatif.

Objek wisata Gunung Sepikul Sukoharjo sangat cocok bagi pehobi tracking atau pendakian terutama bagi pemula. Ketinggian gunung hanya sekitar 350 meter di atas permukaan laut (mdpl). Namun, para pendaki pemula tetap harus mempersiapkan fisik dan bekal minum sebelum tracking.

Untuk sampai ke Gunung Sepikul cukup mudah. Jarak dari pusat kota Sukoharjo menuju Gunung Sepikul sekitar 15 kilometer dengan waktu tempuh tak lebih dari 25 menit. Akses perjalanan menuju lokasi Gunung Sepikul pun lumayan bersahabat.

Baca juga: Menikmati Pesona Sunrise dari Gunung Sepikul

Rute termudah melewati Jalan Sukoharjo-Wonogiri menuju arah selatan. Sesampai di Terminal Giri Adipura, Kabupaten Wonogiri, kemudian berbelok kanan menuju pusat kota Kecamatan Bulu.

Perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri jalan cor beton sepanjang kurang lebih enam kilometer.  Sesampai di gapura pintu masuk Batu Seribu, anda bisa belok kiri melewati jalan perdesaan dan mengikuti papan petunjuk yang telah dipasang di setiap persimpangan jalan.

Pengunjung Datang Berombongan

Papan petunjuk itu dibuat oleh anggota karang taruna setempat menyusul banyaknya pengunjung yang mendaki Gunung Sepikul pada 2017. Biasanya, para pendaki pemula atau traveler datang secara rombongan.

Baca juga: Hebat! 50 Orang Kibarkan Bendera Merah-Putih Raksasa di Gunung Sepikul Sukoharjo

Ada pengunjung menggunakan mobil pribadi namun tak sedikit para pendaki atau traveler menggunakan sepeda motor. Saat itu, Solopos.com memilih menggunakan sepeda motor menuju Gunung Sepikul.

“Gunung Sepikul kini dikelola anggota karang taruna. Banyak papan petunjuk yang dipasang di jalur pendakian sehingga pengunjung tak perlu takut tersesat,” kata seorang pengelola Gunung Sepikul, Agung Wibowo, saat berbincang dengan Solopos.com, Minggu (6/6/2021).

Setiba di area parkir kendaraan bermotor, para pengunjung melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri jalur pendakian. Jalur pendakian menuju puncak Gunung Sepikul relatif mudah dan singkat.

Baca juga: Pemkab Sukoharjo Buka 827 Lowongan CPNS dan PPPK 2021

Pengunjung dapat menyusuri jalan setapak menuju bebatuan sekitar tak lebih dari 15 menit. Namun, pengunjung tetap harus hati-hati saat mendaki bebatuan yang licin dan tertutup pasir.

Rasa lelah setelah menguras tenaga ditambah sengatan sinar matahari terbayarkan saat tiba di puncak Gunung Sepikul. Panorama alam yang memesona langsung tersaji di depan mata.

Hamparan Sawah dan Pegunungan

Selain hamparan persawahan, pengunjung bisa memandang jajaran pegunungan Gajah Mungkur yang memanjang di sisi selatan.

“Daya tarik Gunung Sepikul adalah keindahan panorama alamnya. Pengunjung bisa berjam-jam memandang luas hamparan areal persawahan dan pegunungan yang mengelilingi Gunung Sepikul,” ujar dia.

Baca juga: Viral Promo Beli Rumah Dapat Istri Kedua Bikin Para Lelaki Penasaran

Para pengunjung hanya ditarik biaya parkir kendaraan bermotor yakni sepeda motor Rp2.000 per unit dan mobil Rp5.000 per unit.

Ada beberapa spot keren yang menjadi incaran para pehobi tracking atau traveler saat melewati jalur pendakian Gunung Sepikul. Mereka bakal melewati bebatuan berukuran besar yang menjadi spot foto menarik. Seperti Watu Jaran, Watu Kandang, Watu Tinggik, Watu Pawon, Watu Giring dan Watu Tumpuk.

Kepala Seksi (Kasi) Pariwisata Dinas Pendidikan danKebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo, Heri Prasetya, mengatakan Gunung Sepikul sering menjadi lokasi familiarization Trip atau Fam Trip yang bertujuan mempromosikan dan mengenalkan potensi wisata di Sukoharjo.

Artikel Terkini

Penampakan Kafe Jamu Nguter Sukoharjo, Tempat Nongkrong Cozy Dengan Minuman Menyehatkan

Solopos.com, SUKOHARJO — Kafe Jamu di Jl Raya Nguter, Kecamatan Nguter, Sukoharjo, dibangun dan diresmikan pada Maret 2019 lalu...

Foto-Foto Pasar Wisata Unik Di Soloraya

Solopos.com, SOLO — Sejumlah pasar wisata unik bermunculan di wilayah Soloraya dalam beberapa waktu terakhir. Ada yang muncul sejak...

Adem Lur! Wisata Boyolali Ini Tawarkan Pemandangan Hijau Tembakau

Solopos.com, BOYOLALI – Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah (Jateng) memang menjadi daerah yang memiliki objek wisata dengan pemandangan sejuk. Salah...

Candi Sari, Pesona Objek Wisata Tersembunyi di Boyolali

Solopos.com, BOYOLALI – Kabupaten Boyolali dikenal sebagai salah satu daerah yang memiliki beberapa objek wisata air. Mulai dari waduk,...

Indahnya Gunung Sepikul Sukoharjo Jadi Lokasi Bikin Video Klip Hingga Syuting Film

Solopos.com, SUKOHARJO — Pesona alam Gunung Sepikul di Desa Tiyaran, Bulu, Sukoharjo, Jawa Tengah, tak hanya menjadi magnet bagi...

Bukur Hingga Balung Kethek, Camilan Khas Sangiran yang Layak Diburu!

Solopos.com, SRAGEN — Obrolan terkait kuliner atau camilan khas di Situs Sangiran yang bisa menarik minat wisatawan sempat menjadi...

Ssstt… Ternyata Ada 3 Air Terjun Perawan di Kawasan Situs Sangiran

Solopos.com, SRAGEN — Penobatan sebagai Warisan Budaya Dunia oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada 1996...

Telaga Madirda, Wisata Alam Primadona di Kaki Gunung Lawu

Solopos.com, KARANGANYAR — Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah yang berada di kaki Gunung Lawu menyimpan banyak sekali destinasi...

Deretan Goa Ciamik di Situs Geopark Kelas Dunia Wonogiri

Solopos.com, WONOGIRI – Wonogiri menyimpan Taman Bumi atau geopark tingkat dunia. Geopark di Wonogiri bagian dari Kawasan Bentang Alam...