Tawa Lansia Panti Wreda di Salatiga Bermain Bersama 193 Mahasiswa Baru UKSW

Mahasiswa baru UKSW menghibur 24 orang lansia di Panti Wreda Salib Putih saat Orientasi Mahasiswa Baru (OMB), Jumat (26/8/2022).

Selasa, 30 Agustus 2022 - 15:21 WIB Penulis: Hawin Alaina Editor: Sri Sumi Handayani | Solopos.com

SOLOPOS.COM - Penghuni Panti Wreda Salib Putih saat mengikuti senam bersama dan games dengan Mahasiswa Baru UKSW. (Istimewa/Humas UKSW)

Solopos.com, SALATIGA — Mahasiswa baru Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menghibur 24 orang lansia di Panti Wreda Salib Putih saat Orientasi Mahasiswa Baru (OMB), Jumat (26/8/2022).

Kedatangan mahasiswa baru UKSW itu membuat penghuni panti wreda tersenyum. Mereka diajak senam, bermain games, dan menyaksikan pentas seni. Panti wreda tersebut dihuni 24 lansia dengan rentang usia 44-94 tahun.

Ditemui di sela-sela kegiatan, lansia tertua di panti wreda itu Samsini, 94, mengatakan perasaannya senang saat dikunjungi mahasiswa baru UKSW dan diajak berkegiatan bersama. “Ramai, senang karena dikunjungi. Menghibur, bisa ngguyu bareng,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan Wali, 74. Ia menceritakan bahwa dia mengisi kegiatan di panti wreda dengan berkebun. “Biasanya eyang berkebun, tanam sawi, cabai, pepaya. Itu kebunnya di belakang rumah,” jelasnya.

Kehadiran mahasiswa baru UKSW ke Panti Wreda Salib Putih merupakan bagian dari pengabdian masyarakat selama Orientasi Mahasiswa Baru gelombang pertama.

Baca Juga : Rektor UKSW Beri Wejangan ke Polwan Salatiga

Koordinator kegiatan pengabdian masyarakat OMB UKSW, Galuh Ambar Sasi, menyebut kegiatan kali ini menggandeng Yayasan Sosial Kristen Salib Putih (YSKSP). Lima unit kerja di YSKSP, yaitu panti wreda, panti asuhan, panti karya, balai pengobatan dan museum.

Total 193 mahasiswa terlibat dalam kegiatan tersebut. Kegiatan di panti wreda bertujuan mengajarkan misi pelayanan kepada mahasiswa baru.

“Mahasiswa diajak melayani lansia. Mahasiswa juga dapat berbaur dengan masyarakat dan menghibur lansia dengan berbagai aktivitas yang dilakukan bersama,” ungkap Dosen Pendidikan Sejarah FKIP UKSW ini.

Selain menghibur lansia di pantri wreda, maba juga diberi tanggung jawab melakukan pendampingan mengelola akun media sosial milik YSKSP selama tiga bulan. Harapannya kegiatan dan program YSKSP dapat tersosialisasi dengan baik kepada masyarakat.

Kepala YSKSP, Eka Wahyuningsih, menyampaikan terima kasih atas kunjungan peserta OMB UKSW. Eka berharap kegiatan ini bukan sekadar memberikan manfaat bagi YSKSP tapi juga bermanfaat bagi mahasiswa.

Baca Juga : Tanam 1.250 Batang Pohon, UKSW & Djarum Foundation Libatkan Mahasiswa Baru

“Hari ini mbah-mbah bersuka cita diajak bermain, olahraga, dan banyak yang mengunjungi. Kami ingin bukan hanya lansia yang merasakan manfaat tapi juga mahasiswa. Fasilitas lain di YSKSP seperti kebun kopi dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk menambah wawasan dan pengetahuan,” ungkap Eka.

Salah satu mahasiswa baru yang mengikuti pengabdian masyarakat, Meilani Dwi Risanti, mengaku berkesan saat berkunjung ke panti wreda.

“Tadi waktu ngobrol sama lansia di sini aku jadi ikut terenyuh dengan cerita perjalanan kehidupan mereka. Tadi juga ada yang cerita kalau mereka seneng dikunjungi. Aku juga bisa belajar melayani di sini,” jelas mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi.

Program Pengabdian Masyarakat di YSKSP berlangsung hingga Sabtu (27/08/2022) dengan agenda tanam pohon, bersih-bersih kandang, dan menyabit rumput untuk ternak.

Baca Juga : 30 Wisatawan Asing Tanam Pohon Kanthil di Desa Mitra UKSW, Ini Tujuannya

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif
HEADLINE jateng Intiyas Utami, Serba Pertama dari Guru Besar hingga Rektor Perempuan di UKSW 1 hari yang lalu

HEADLINE jateng Resmi! Intiyas Utami Jabat Rektor UKSW 2022-2027 1 hari yang lalu

HEADLINE news Dimeriahkan Jikustik, UKSW Berikan Penghargaan bagi Civitas Akademika 4 hari yang lalu

HEADLINE news UKSW E-Sport Tournament Jadi Ajang Pembuktian E-sport Bukan Sekadar Game 1 minggu yang lalu

HEADLINE jateng Serunya Visiting Day KB-TK Kristen I Satya Wacana Salatiga 1 minggu yang lalu

HEADLINE jateng Didampingi Tim UKSW, Desa Agrowisata di Magelang Ini Olah Sayur Jadi Nuget 1 minggu yang lalu

HEADLINE jateng Paduan Suara UKSW Bawa Pulang Trofi Juara Kedua Pesparawi Nasional 1 minggu yang lalu

HEADLINE jateng Unik! Mahasiswa UKSW Populerkan Permainan Tradisional dengan Robot 1 minggu yang lalu

HEADLINE jateng UKSW Salatiga Pamerkan 26 Produk Inovasi Mahasiswa dan Dosen 1 minggu yang lalu

HEADLINE jateng UKSW Resmikan Perwasatna Child Care (PCC), Ini Tujuannya 1 minggu yang lalu

HEADLINE news Kudapan Bergizi Tinggi Cegah Stunting, Ada Nasi Telur Gulung Daun Kelor 1 minggu yang lalu

HEADLINE news Kompetisi Pemrograman dan Keamanan Siber di UKSW, 5 Jam Tuntaskan Studi Kasus 2 minggu yang lalu

HEADLINE news Ikut Lomba Vokal PIM UKSW, Tegang Hilang setelah Mulai Bernyanyi 2 minggu yang lalu

HEADLINE jateng Pengunjung Bisa Rasakan Pengalaman Nyata Bermain Robot di UKSW 2 minggu yang lalu

HEADLINE jateng Ratusan Mahasiswa dan Siswa SD Kunjungi Student on Stage FKIP UKSW 2 minggu yang lalu