SOLOPOS.COM - Tata Starbus buatan pabrikan India, Tata Motors ini menggunakan bahan bakar gas CNG (compressed natural gas) dan bisa menjadi pengisi kebutuhan bus kota di Indonesia. (infobanknews.com)

Tata Starbus buatan pabrikan India, Tata Motors ini menggunakan bahan bakar gas CNG (compressed natural gas) dan bisa menjadi pengisi kebutuhan bus kota di Indonesia. (infobanknews.com)

JAKARTA – PT Tata Motor Indonesia, agen tunggal pemegang merek Tata, siap memasok bus berbahan bakar gas Compressed Natural Gas untuk memenuhi kebutuhan armada angkutan umum dalam kota di Tanah Air, dengan jaminan biaya operasional lebih ringan dan ramah lingkungan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Biswadev Sengupta, President Directur PT Tata Motors Indonesia, mengatakan masyarakat luas dapat menyaksikan sendiri unit bus Tata LPO 1623 RE LE CNG atau yang disebut Tata Starbus tersebut di outdoor booth Tata dalam arena Indonesia International Motor Show 2012 pada 20-30 September 2012.

“Kami sebagai perusahan pabrikan bus terbesar nomor empat di dunia memperkenalkan Tata Starbus untuk menunjang transportasi masal Indonesia dan menunjukkan kemampuan Tata Motors dalam memberikan solusi secara cerdas mengatasi masalah transportasi,” katanya di arena IIMS 2012 JIExpo Kemayoran Jakarta. Menurutnya, Tata Starbus memenuhi standar untuk digunakan sebagai bus rapid transit system untuk mengatasi masalah transportasi publik, sebagainakan yang dilakukan TransJakarta dan armada angkutan umum dalam kota lain di Indonesia.

Tata Starbus LPO 1623 RE LE CNG Bus yang menarik perhatian banyak pengunjung IIMS 2012, lanjutnya, memiliki kapasitas 35 tempat duduk yang dilengkapi rear engine low entry dengan tinggi lantai 380 mm serta dilengkapi berbagai fitur keselamatan dan kenyamanan bagi penumpang. Biswadev menjelaskan fitur keselamatan lain dalam Tata Starbus berupa filling receptacle CNG dengan non-return valve, safety cap & limiting switch serta three-way knob untuk menghentikan gas agar tidak terbuang lewat mesin saat bus diparkir.

Setiap silinder, imbuhnya, memiliki valve silinder dengan hand wheels, dua sensor kebocoran gas di dekat air fuel mixer, levers untuk pembuangan CNG jika terjadi kebocoran, pintu darurat, katup atap, pegangan pintu, alat pemadam api serta berbagai fitur pelengkap pengamanan penumpang. “Bus hasil produksi Tata Marcopolo Motors Ltd. yaitu, perusahaan gabungan Tata Motors Ltd dan Marcopolo S.A, Brazil, itu juga menyediakan alat bantu manual yang dilengkapi peralatan keamanan untuk pengguna kursi roda,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya