TATA KELOLA MIGAS : Petral Bubar, Tim Faisal Basri Berakhir

TATA KELOLA MIGAS : Petral Bubar, Tim Faisal Basri Berakhir

SOLOPOS.COM - Jumpa pers Faisal Basri dan Tim Reformasi Tata Kelola Migas, Minggu (21/12/2014). (Abdullah Azzam/JIBI/Bisnis)

Tata kelola migas yang dinilai amburadul menjadi tugas Komite Reformasi Tata Kelola Migas.

Solopos.com, JAKARTA -- 13 Mei 2015 benar-benar jadi hari bersejarah bagi dunia migas Indonesia. Hari ini, Komite Reformasi Tata Kelola Minyak dan Gas Bumi yang diketuai Faisal Basri dibubarkan. Pada hari yang sama, Petral juga resmi dibubarkan Pertamina.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan masa tugas Komite Reformasi telah berakhir pada 13 Mei 2015. Komite tersebut dibentuk Sudirman pada 16 November 2015. "Tepat 13 Mei, masa tugas Tim Reformasi berakhir," katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (13/5/2015).

Selama masa kerja, Komite Reformasi telah mengeluarkan sejumlah rekomendasi. Pertama, penghapusan bensin RON 88 ke RON 92 dengan masa transisi dua tahun. Kedua, pengalihan fungsi pengadaan bahan bakar minyak (BBM) dan minyak mentah dari Pertamina Energy Trading Limited (Petral) ke Integrated Supply Chain (ISC) yang berada di bawah PT Pertamina (Persero) langsung.

Pada hari terakhir masa kerja, Tim Reformasi merekomendasikan enam rekomendasi yakni rekomendasi umum, pengelolaan penerimaan negara dari sektor migas, format tata kelola migas, sistem fiskal sektor hulu migas, perpanjangan kontrak migas, serta perizinan dan investasi.

Sudirman Said mengemukakan setelah rekomendasi diberikan, pihaknya akan mengawal implementasi-implementasi rekomendasi tersebut. Dia mengklaim sekitar 60% lebih dari rekomendasi tersebut telah ditindaklanjuti oleh pemerintah. Sisanya, Sudirman berjanji akan menindaklanjuti rekomendasi-rekomendasi tersebut.

Apalagi, saat ini sebanyak 2/3 anggota Komite Reformasi telah memasuki institusi yang mengawal implementasi baik di pemerintahan maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sejumlah mantan anggota Komite Reformasi memang masuk jajaran pemerintahan. Mereka antara lain Djoko Siswanto sebagai Direktur Hulu Ditjen Migas Kementerian ESDM, Parulian Sihotang menjadi Deputi Pengendalian Keuangan SKK Migas.

Selain itu, ada nama Teten Masduki yang kini menjadi Tim Komunikasi Presiden. Ada pula nama Agung Wicaksono sebagai Wakil Ketua Unit Pelaksana Program Pembangunan Ketenagalistrikan Nasional (UP3KN), dan Darmawan Prasodjo sebagai Deputi I Kantor Staf Kepresidenan.

Sementara itu, dua mantan anggota Tim Reformasi menduduki jabatan di BUMN, yakni Chandra Hamzah sebagai Komisaris Utama PT PLN dan Daniel S. Purba sebagai Senior Vice President ISC Pertamina. "[sedangkan] Pak Fahmi, Pak Dendi, dan Pak Faisal [Basri] akan mengawal rekomendasi sebagai akademisi," ungkapnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Israel Tewaskan 7 Warga Palestina di Tepi Barat

Tujuh orang warga Palestina meninggal dunia pada Jumat (14/5/2021) akibat aksi kekerasan pasukan Israel yang membubarkan aksi unjuk rasa mereka.

Pengrajin Jamu Gendong Asal Sukoharjo Tak Pulang Kampung, Sebelum Ramadan Sudah Kulakan Dulu

Sebagian pengrajin jamu asal Nguter Sukoharjo memilih tidak pulang ke kampung halaman saat Lebaran 2021. Mereka kulakan bahan baku jamu dalam jumlah besar untuk menambah stok jamu sebelum bulan puasa.

Ini Alasan Mantan Tetap Ingin Berteman, Terima atau Tidak?

Ada sejumlah penyebab melandasi niatan sang mantan ingin tetap berteman.

Benarkah Makan Bawang Merah Berlebihan Bikin Bau Vagina Tak Sedap?

Makan bawang merah bisa memicu bau tak sedap pada vagina.

Partai Golkar Kecam Keras Serangan Israel ke Palestina

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan pihaknya mengecam keras serangan tentara Israel terhadap rakyat Palestina.

Penonton Liga Inggris Bisa Sepenuhnya Datangi Stadion di Musim Ini

Pengelola Premier League Inggris berencana membuka akses bagi para penonton untuk menonton di stadion pada musim 2021- 22 ini.

Duh! Sampah Petasan Kotori Alun-Alun Pengging Boyolali

Alun-Alun Pengging Boyolali dikotori dengan keberadaan sampah. Sebagian besar sampah itu adalah serpihan-serpihan kertas bekas petasan.

Makin Brutal, Pemboman Israel Tewaskan Satu Keluarga Palestina

Pemboman oleh pasukan Israel pada Kamis (13/5/2021) malam menumpas habis seluruh anggota sebuah keluarga Palestina di wilayah utara Jalur Gaza.

Ada Larangan Mudik, Bus dan Truk yang Masuk Solo Turun Drastis

Jumlah bus dan truk yang keluar masuk Kota Solo menurun drastis selama pemberlakuan larangan perjalanan mudik oleh Kementerian Perhubungan.

Satgas Covid-19 Evaluasi Kasus Selama Libur Lebaran

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengatakan belum bisa memperkirakan apakah terjadi lonjakan kasus Covid-19 selama libur Lebaran.

Resiliensi Sektor informal

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa, 4 Mei 2021. Esai ini karya Muhammad Taufik Nandito, mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyan Surakarta dan aktif di Lingkar Studi Sasadara di Kleco, Kota Solo.

Lebaran, 8 Balon Udara Dilaporkan Terbang di Langit Indonesia

Sebanyak 8 balon udara dilaporkan berada di langit Indonesia saat momentum Lebaran tahun ini. Sejauh ini, belum ada laporan balon udara melintas di langit Solo.