SOLOPOS.COM - Salat jenazah. (Antaranews)

Solopos.com, SOLO — Setiap manusia akan menemui ajal atau kematian. Bagi yang masih hidup dianjurkan untuk melakukan salat jenazah sanak saudara atau temannya dengan tata cara yang benar.

Salat jenazah hukumnya fardu kifayah, artinya kewajiban yang pelaksanaannya dapat tercukupi manakala telah dijalankan oleh sebagian kaum muslimin. Namun jika tidak ada yang melaksanakannya, maka seluruh umat muslim berdosa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan hadis yang diriwayatkan Bukhari, Nabi Muhammad SAW pernah tidak menyalatkan jenazah lantaran si mayit memiliki utang. Beliau lalu menyuruh para sahabat untuk menyalatkan jenazah tersebut. Meski begitu, beliau akhirnya berkenan menyalatkah jenazah itu setelah utang si mayit ditanggung sahabat.

Baca Juga: Tahukah Kamu? Ada Doa yang Dianjurkan Dibaca Orang Tua Saat Anak Sunat

Ekspedisi Mudik 2024

Berikut tata cara salat jenazah sebagaimana yang dihimpun dari laman Muhammadiyah, Senin (24/1/2022):

Dilakukan berdiri tanpa rukuk, sujud, dan duduk. Terdapat empat takbir dalam salat jenazah.

1. Niat

2. Takbir pertama. Membaca Surat Al Fatihah

3. Takbir kedua. Membaca selawat Nabi Muhaammdad SAW

4. Takbir keempat. Membaca doa untuk mayit

Berikut doanya sebagaimana diajarkan Nabi Muhammad SAW sebagaimana riwayat Imam Muslim dan an-Nasa’i:

Allahumma fir lahu warh hamhu wa’ fu ‘anhu wa’afihi wa akrim nuzuluhu wawasi’ mudkhalahu waghsilhu bimaa’in watsaljin wabaradin wanaqqihi minal hadaaaya kamaa yunaqats tsaubul abyadzu minaddanasi waabdilhu daa ran khairan min daa rihi wa ahlan khairan min ahlihi wa jaujan khairan min jaujihi wa qihi fitnatal qabri wa ‘daa bannaar

Artinya:

Ya Allah, Ampunilah dia (mayat) berilah rahmat kepadanya, maafkanlah dia dan selamatkanlah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai), dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka lindungilah ia dari siksa kubur atau siksa api neraka.

Baca Juga: Enggak Mau Kan, Pakaian Kalian Dipakai Setan? Baca Dulu Doanya…

5. Takbir keempat dilanjutkan dengan salam dan menoleh ke kanan dan ke kiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya